Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Manfaatkan Koleksi Elektronik Badan Perpustakaan Untag Surabaya Selama Belajar Di Rumah (PJJ)

Guna memutus rantai penyebaran covid-19 atau corona, pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengisolasi diri di rumah. Meski diam di rumah, kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik masih tetap berlangsung. Mahasiswa tetap mendapatkan hak untuk menerima ilmu. Melalui berbagai media pembelajaran daring, sivitas akademika Untag Surabaya melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejak 16 Maret lalu. Kegiatan seperti perkuliahan, tugas hingga bimbingan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir masih berjalan sebagaimana biasanya melalui media daring.

Meski di rumah, mahasiswa tak perlu khawatir apabila mendapat kesulitan mencari literatur untuk mengerjakan tugas. Badan Perpustakaan Untag Surabaya menyediakan koleksi elektronik guna membantu memenuhi kebutuhan literatur mahasiswa. Mahasiswa tidak perlu datang ke perpustakaan Untag Surabaya untuk bisa mengakses koleksi digital. Melalui website perpustakaan, mahasiswa Untag Surabaya sudah bisa mengakses ribuan literatur dari rumah.

“Jadi selain memiliki koleksi cetak, perpustakaan juga melanggan koleksi elektronik dengan beberapa database. Pemustaka bisa mengakses database tersebut untuk mendapat artikel, e-book dan e-journal yang dibutuhkan,” terang Imas Rahmadhtul Hidayah, staff Badan Perpustakaan Untag Surabaya, Rabu (1/4). Melalui sambungan telepon, Imas menyebutkan beberapa penyedia konten atau situs berisi ribuan jurnal yang dilanggan Untag Surabaya. Misalnya, Proquest untuk jurnal Humaniora dan Ekonomi. Selain Proquest, Perpustakaan Untag Surabaya juga melanggan koleksi elektronik lain seperti Gale untuk jurnal Teknik serta Taylor & Francis. Perpustakaan Untag Surabaya juga memiliki kerjasama dengan E-Resources Perpusnas. “Database-database itu bisa jadi sumber bacaan digital,” ujar Imas.

Untuk bisa mengakses koleksi elektronik ini, mahasiswa Untag Surabaya hanya perlu mengirim permintaan password dan username melalui Direct Message (DM) langsung pada akun Instagram @perpusuntagsby. “Nanti dari pihak perpustakaan akan mengirim format yang harus diisi seperti informasi nama, NIM (Nomor Induk Mahasiswa), jurusan dan database yang dibutuhkan. Setelah kami cek apakah betul mahasiswa Untag Surabaya, baru kami akan beri akses untuk username dan passwordnya,” jelasnya.

Sementara itu, mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi juga bisa mengakses tugas akhir mahasiswa Untag Surabaya seperti skripsi, tesis maupun disertasi melalui repositori Untag Surabaya. “Semua hasil karya penelitian sivitas akademika Untag disimpan di repositori. Kalau untuk repositori tidak perlu username dan password untuk login,” tutur Imas. Jadi, mahasiswa Untag Surabaya tak perlu risau lagi. Selama belajar dirumah, manfaatkan koleksi elektronik milik Badan Perpustakaan Untag Surabaya untuk kebutuhan literatur kalian! (ua/ze)

Login dengan Username dan password Siakad Anda