logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Mahasiswa Untag Surabaya Sabet Medali Perunggu Kejuaraan Catur di Porprov VIII Jatim 2023

Prestasi gemilang terus ditorehkan oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, kali ini melalui mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sipil - Fero Diky Firmansyah yang meraih medali perunggu dalam cabang olahraga Catur Klasik Beregu di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII se-Jawa Timur 2023. Porprov berlangsung dari tanggal 9 hingga 16 September 2023 yang tersebar di empat lokasi berbeda, yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang. Kejuaraan cabang olahraga Catur Klasik Beregu ini dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto.

Saat ditemui langsung dalam sesi wawancara, Fero membagikan pengalamannya tentang awal mula terlibat dalam kompetisi catur hingga berhasil meraih medali emas saat masih duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Pertama kali saya ikut kompetisi saat masih SD dalam Kejuaraan Provinsi Jawa Timur (Kerjurprov Jatim), namun saat itu belum berhasil memenangkan perlombaan. Meskipun demikian, saya tidak menyerah dan terus meluangkan waktu untuk berlatih lebih keras. Sampai akhirnya kelas 1 SMP saya kembali mengikuti Kejurprov Jatim di Pacitan dan Alhamdulillah berhasil meraih medali emas,” terang Fero.

Sebelumnya, Fero telah meraih sejumlah prestasi gemilang pada ajang Porprov Jatim. Pada tahun 2019 lalu, ia berhasil memenangkan dua medali emas dan satu medali perunggu, di tahun 2020 dan 2021, Fero mengalami vakum dalam prestasi karena dampak pandemi. Pada tahun 2022, Fero kembali menambahkan satu medali perak dan satu medali perunggu.

Dalam persiapannya menjelang setiap perlombaan, Fero mengungkapkan bahwa ia terus berlatih meskipun sibuk dengan kegiatan perkuliahan. "Persiapannya fokus pada latihan, seperti latihan tanding dan pengembangan strategi," ungkapnya.

Dalam usahanya meraih kemenangan, Fero merasa bangga karena dirinya berhasil membawa nama baik kota Surabaya. “Di hari pertandingan, pasti deg-degan karena membawa nama kota Surabaya. Dalam kejuaraan kali ini saya juga mainnya tidak individu melainkan beregu, jadi saya tidak tau karakter dan strategi teman satu tim saya,” ungkapnya.

Fero berharap agar Untag Surabaya bisa terus mencetak generasi-generasi hebat yang berprestasi. “Harapannya mudah-mudahan mahasiswa Untag Surabaya selalu punya keinginan untuk membanggakan almamater tercinta dengan beragam prestasi yang diraih, sehingga Untag Surabaya bisa terus mencetak generasi-generasi hebat,” harapnya. (wf/oy/rz)



PDF WORD PPT TXT