Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Mahasiswa UNTAG Surabaya Juara Dua Kompetisi Debat Fortdec

Minggu, (22/9) Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya berhasil meraih Juara dua dalam Kompetisi Fortdec 2019 bertema ‘Pergerakan Mahasiswa Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0’. Mereka adalah Ricky Alejandro Martin dari Fakultas  Psikologi serta Agung Wirya Saputra dan Dwi Putri Sartika Alamsyah dari Fakultas Hukum. Mereka berhasil keluar sebagai juara setelah bertarung menyisihkan 16 peserta dari Perguruan Tinggi di Kampus C Universitas Airlangga. Kompetisi Fortdec merupakan kompetisi debat yang diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Beberapa tema yang diusung dalam kompetisi seperti pendidikan, teknologi, ekonomi bisnis, kesehatan dan politik.

Ricky, salah satu anggota tim mengaku kurang maksimal dalam kompetisi tersebut. Pasalnya dia dan tim memiliki waktu latihan yang minim. “Tantangan kami lebih pada chemistry satu sama lain. Terakhir berlomba bersama lima bulan yang lalu dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia. Jadi kami merasa chemistry kami kurang menyatu. Akan tetapi kami bangga karena meski jarang latihan kami berhasil masuk dalam tiga besar,” katanya. Ricky menuturkan bahwa dalam dua hari kompetisi, Sabtu-Minggu, 21-22 September 2019 seluruh peserta menghadapi enam babak debat dengan  lawan tim berbeda, “Dari enam babak tersebut kami menang sebanyak empat kali, sisanya kami dikalahkan oleh tim dari Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Sebelas Maret.”

Pada kesempatan yang sama, Dwi Putri yang hadir bersama Ricky menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung, “Kami ingin berterima kasih kepada dosen Fakultas Hukum dan Fakultas Psikologi yang telah membimbing dan mengizinkan kami berpartisipasi dalam kompetisi ini.” Dengan prestasi tersebut, baik Dwi maupun Ricky berharap UNTAG Surabaya bisa memfasilitasi mahasiswa yang menyukai debat. “Ke depan tim ini akan kembali berkompetisi membawa nama almamater UNTAG Surabaya. Semoga bisa berjaya dan membanggakan almamater. Kami berharap perjuangan kami tidak sia-sia dan berhenti sampai di sini. Harapannya bisa ada wadah untuk menuangkan hobi di bidang debat juga dengan dosen pembimbing agar bisa mengarahkan. Sehingga estafet kemenangan kami bisa diteruskan oleh adik-adik kami,” tutup Dwi. (Um)

Login dengan Username dan password Siakad Anda