Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Mahasiswa UNTAG Surabaya Belajar Bahasa Thai Di Khon Kaen University Thailand

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya belajar bahasa Thai bersama dengan mahasiswa Khon Kaen University (KKU) Thailand dalam acara Student Exchange Program dan KKN di gedung ASEAN Language (28/11/2014).

Acara tersebut berlangsung seru karena kedua pihak dari universitas belum mengerti mengenai bahasa yang dipelajari. Mahasiswa UNTAG Surabaya harus mempelajari bahasa Thailand dan mahasiswa KKU mempelajari bahasa Indonesia.

 Adapaun beberapa aturan dari bahasa Thai yaitu jika yang mengatakan itu adalah laki-laki maka akhir kata harus ditambah “krup” dengan awalan “pom” dan jika yang mengatakan adalah perempuan maka akhir kata ditambah “ka” dengan awalan “di-chun”. Contoh, “sa-wut dee krup” untuk laki-laki dan “sa-wut dee ka” untuk perempuan.

Kiyam, mahasiswa KKU mengatakan bahwa dia senang bisa belajar bahasa Indonesia dengan mahasiswa UNTAG Surabaya. Di KKU sendiri bahasa Indonesia diajarkan kepada mahasiswanya.

Hal yang sama dikatakan oleh Adit mahasiswa jurusan Teknik Arsitektur ketua kelompok student Exchange Program dan KKN. “Saya senang bisa belajar bersama mahasiswa KKU dan ‘korp-kOOn,” kata Adit.

Korp-kOOn jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah terima kasih

Login dengan Username dan password Siakad Anda