Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Mahasiswa FE Berusaha Membangkitkan Kembali Kopma Untag Surabaya

Omset pra koperasi mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya setiap harinya bisa mencapai Rp 2.000.000,00. Makanan dan minuman adalah produk yang paling laris diminati oleh mahasiswa setiap harinya. Pra koperasi mahasiswa FE tersebut mulai aktif sejak 2014 lalu.

Di setiap kampus atau perguruan tinggi saat ini biasanya selalu ada Koperasi Mahasiswa (Kopma), begitu juga di UNTAG Surabaya. Saat ini mahasiswa FE ada upaya ingin membangkitkan kembali  Kopma yang sebelumnya sudah ada sejak tahun 1986, tetapi dengan perjalanan waktu Kopma telah terjadi staknasi.  Dari permasalahan itulah Mahasiswa FE membentuk Pra Koperasi Mahasiswa yang sementara memulai dengan cara mendirikan usaha menjual makanan ringan.

Muhammad Yasin, koordinator pra Kopma FE mengatakan bahwa Kopma yang sudah berjalan selama 6 bulan lebih itu mendapatkan suplai makanan ringan dari usaha mahasiswa, karyawan, dan dosen. “ Penyuplai dari mahasiswa sekitar 30 orang. Untuk penyuplai nasi yang awalnya hanya 1 sekarang nambah 4 orang, juga penyuplai kue-kue,” kata Yasin.

“ Omset kita dalam sehari bisa mencapai 2 juta rupiah, jika sebulan dengan hari efektif 22 hari, maka bisa mencapai 48 juta rupiah. Yang paling laris adalah nasi dan minuman karena merupakan kebutuhan pokok dari mahasiswa itu sendiri,” lanjut mahasiswa semester enam itu.

Lanjut dia bahwa dengan adanya pra koperasi tersebut mampu menyerap 15 mahasiswa FE sebagai tenaga kerja. “ Yang masuk di kita ada 15 mahasiswa, setiap bulannya 8 mahasiswa bergantian menjaga usaha ini. Kompensasinya adalah mahasiswa mendapatkan sesuai SPP tiap bulan,” tambah Yasin, ketua Himpunan Mahasiswa Ekonomi Bisnis 2014 tersebut.

Untuk meningkatkan usaha dan memajukan pra Koperasi FE itu, Muhammad Yasin melakukan trobosan-trobosan baru, yaitu dengan cara bekerjasama dengan koperasi milik dosen FE dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Untag Surabaya.

Yasin, berpesan agar mahasiswa yang mempunyai usaha terus ditingkatkan. “ Bagi teman-teman yang punya usaha tetap ditingkatkan dan kita bisa menampung usaha dari teman-teman. Harapan saya adalah bisa bekerjasama dengan mahasiswa dari fakultas yang lain tidak hanya dari ekonomi saja,” tutupnya. 

Login dengan Username dan password Siakad Anda