Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

LSP P-1 UNTAG Surabaya Langsungkan Kembali Pelatihan Asesor

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P-1 UNTAG Surabaya baru saja selesai mengadakan Pelatihan Asesor. Acara yang bertajuk Recognition Current Competency (RCC) itu berlangsung selama dua hari, 16-17 Desember 2019 di Ruang Auditorium UNTAG Surabaya. Ini merupakan kali ketiga LSP P-1 UNTAG Surabaya mengadakan kegiatan serupa.

“Kegiatan ini sebagai peningkatan kualitas asesor dan perpanjangan sertifikat uji,” tutur Dr. Sumiati, MM., selaku Direktur LSP P-1 UNTAG Surabaya dalam sambutannya, Senin (16/12). Sertifikat asesor kompetensi yang dimiliki oleh asesor LSP P-1 UNTAG Surabaya memiliki masa berlaku. Apabila masa berlakunya sudah habis, asesor harus mengajukan perpanjangan kembali. Melalui RCC inilah sertifikat tersebut dapat diperpanjang.

Asesor memang berperan penting dalam pelaksanaan sertifikasi uji kompetensi. Untuk menjadi asesor yang merupakan penilai uji kompetensi, seseorang perlu memenuhi persyaratan dan memiliki sertifikat kompetensi. “Semoga bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita semua apalagi asesor yang disini juga sudah meninggalkan tugas, ujian, studi banding dan sebagainya,” jelas Sumiati.

Pelaksanaan RCC kali ini memang bertepatan dengan jadwal Evaluasi Akhir Semester (EAS) Semester Ganjil 2019/2020. Namun, Sumiati menjelaskan RCC kali ini harus tetap terlaksana agar sertifikat kompetensi asesor bisa diperpanjang. “Kalau kita tidak laksanakan, “SIM” (baca: sertifikat asesor) nya tidak bisa diperpanjang,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Nurul Indah Susanti menyebutkan adanya Sertifikasi Kompetensi ini membantu organisasi maupun Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam melakukan rekruitmen berbasis kompetensi. Master asesor BNSP itu juga menerangkan tujuan sertifikasi menjadi alat penjaminan mutu pendidikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai. (ua)

 

 

Login dengan Username dan password Siakad Anda