Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

LSP P-1 Untag Surabaya Kembali Dapat Uji Gratis PSKK dari BNSP

Lembaga Sertifikasi Profesi P-1 (LSP P-1) Untag Surabaya kembali mendapat kuota uji gratis dari BNSP. Dalam Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) tahun ini, LSP P-1 Untag Surabaya mendapat kuota PSKK sebanyak 75 kuota, yakni setara dengan 1500 mahasiswa. Terhitung mulai tahun 2017 hingga tahun 2019, LSP P-1 Untag Surabaya selalu mendapat dana PSKK dari BNSP. Namun, kuota kali ini mengalami peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Tahun ini dapat lebih banyak, yakni 75 kuota. Alhamdulillah, mudah-mudahan dalam situasi seperti ini (re: pandemic covid-19), semoga bisa membantu meringankan mahasiswa,” ujar Direktur LSP P-1 Untag Surabaya, Dr. Sumiati, MM, Rabu (15/4).

Melalui sambungan telepon, Sumiati menjelaskan mahasiswa bisa segera mendaftar untuk mengikuti uji sertifikasi profesi gratis. Hanya saja butuh menunggu kabar dari pihak BNSP terlebih dahulu. “Biasanya ada proses penandatanganan MoU dengan pihak BNSP bahwa LSP P-1 Untag Surabaya sudah menerima dana PSKK. Tapi karena ada wabah ini jadwalnya diundur,” terangnya. Dalam hal ini Sumiati mengaku menunggu informasi lebih lanjut dari pihak BNSP. Di tahun-tahun sebelumnya, setelah menerima dana uji gratis BNSP, LSP P-1 Untag Surabaya juga mendapat jadwal terkait pelaksanaan ujian hingga pelaporan kegiatan. Adanya wabah covid-19 lagi-lagi membuatnya menunggu kebijakan dari BNSP.

Dosen Fakultas Ekonomi itu juga menyebutkan adanya wacana uji sertifikasi melalui daring. “Apabila kondisinya memang tidak memungkinkan, nanti akan ada uji online. Kami masih menyiapkan SOP nya dulu. Semuanya masih dalam tahap mempersiapkan,” tuturnya. Hal ini, sambung Sumiati, dikarenakan teknis uji masing-masing skema berbeda sehingga butuh waktu untuk menyusun SOP.

LSP P-1 Untag Surabaya memiliki 42 skema uji yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Mahasiswa Fakultas Vokasi, LSP P-1 Untag Surabaya memberikan kebijakan memperbolehkan mengambil skema yang lain. Asalkan memenuhi persyaratan uji, yakni lulus pada mata kuliah yang sesuai.  Hal ini disebabkan skema yang dibuat oleh Fakultas Vokasi masih belum mendapat verifikasi dari pihak BNSP. “Skema vokasi masih dalam tahap pengembangan skema yang semestinya Maret kemarin selesai. Namun karena belum ada diarahkan pada skema yang ada,” kata Sumiati.

Selama wabah covid-19 ini, LSP P-1 Untag Surabaya melakukan penyesuaian pelayanan administrasi guna memutus rantai penyebaran virus. Tertanggal 13 April 2020, pelayanan adminstrasi dilakukan secara online dan tidak menerima pelayanan tatap muka. Oleh karenanya, apabila mahasiswa membutuhkan informasi pelayanan, pengambilan sertifikat hingga pendaftaran uji kompetensi, bisa dilakukan melalui media sosial Instagram @lspuntagsurabaya. Mahasiswa juga bisa mengetahui informasi terbaru dari LSP P-1 Untag Surabaya melalui website lsp.untag-sby.ac.id. “Jadi mahasiswa bisa terus meng-update informasi dari LSP. Salah satunya terkait pendafataran uji sertifikasi,” pungkas Sumiati. (ua/ze)

Login dengan Username dan password Siakad Anda