Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

LPKM UNTAG Surabaya Gelar Seminar Implemantasi Halal di Indonesia Bersama SHAM FM Suara Muslim Surabaya

Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat (LPKM) UNTAG Surabaya gelar Seminar Nasional Trend Implementasi Halal di Indonesia bekerjasama dengan SHAM FM Suara Muslim Surabaya, dalam acara tersebut juga memaparkan hasil kajian  tentang Peran LPPOM MUI Dalam Melindungi Konsumen Muslim. Acara tersebut dilaksanakan pada Kamis (27/11/2014) Graha Wiyata lantai IX.

 

Alasan produk Indonesia harus di halal kan karena 80% penduduk Indonesia beragama Islam yang mengambil nilai dakwah yang sesungguhnya dan produk halal yang dimaksud yaitu semua produk yang sesuai dengan hukum syar'i dan telah dinyatakan serta disesuaikan dengan syariat Islam. Untuk sahkan dan dinyatakan produk halal, produk tersebut harus memiliki sertifikat halal yang memiliki sistem jaminan halal. Narasumber dalam acara seminar tersebut adlah Assoc. Prof. Dr. Banchong Withayametha (Deputy Director of Halal Science Center Chulalongkorn University Thailand), Evie Silvia Zubaidi (Founders & Owner Oz Noel), Muhammad Said Sutomo (Ketua YLPK Jawa Timur), dan Ir. Irwitono (CEO Radio SHAM FM Surabaya.

 

"We are moeslem, we must to protect to "Halal" word. From raw materials, production to distribution must be protect." Menurut Assoc. Prof. Dr. Banchong Withayametha (Deputy Director of Halal Science Center) yang dimaknai kita masyarakat muslim, kita harus memaknai arti dari kata "Halal" yang sesungguhnya. Dari bahan baku, produksi hingga distribusi harus diperhatikan.

"Masih banyak masyarakat Indonesia memakan daging yang biasa dimakan tetapi masyarakat tidak khawatir untuk memakannya dan tidak tahu dalam prosesnya termasuk halal atau haram." Menurut Evie Silvia Zubaidi (Founders & Owner Oz Noel)

 

Hasil seminar disimpulkan memproduksi makanan yang Islami harus memperhatikan  cara hidup Islami yang didalamnya mencakup banyak aspek. Seperti makanan, produksi makanan mempunyai peluang produksi pemasaran yang cukup besar, dengan sertifikat halal membuat kita yakin dengan kebutuhan dan syariat Islam.

Login dengan Username dan password Siakad Anda