logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya

An Empowering & Networking University

Detail Berita

LKMM 64 Ketua Orkem Untag Surabaya Sukses Digelar Secara Daring

Sejak Jumat (9/4), 64 ketua Organisasi Kemahasiswaan (Orkem) di lingkungan Untag Surabaya mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) dan Character Builing. Demi memutus rantai penyebaran Covid-19, kegiatan tahunan yang biasa digelar secara offline, untuk pertama kalinya terlaksana secara online. Meski begitu, antusiasme peserta cukup tinggi. “Karena beradaptasi dengan situasi pandemi, juga tuntutan LKMM yang harus dijalankan karena setiap tahun ada reorganisasi sehingga kader baru harus tetap dilatih, sehingga kita melaksanakan kegiatan kali ini secara online,” tutur Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, Rahma Kusumandari, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Peserta kegiatan merupakan ketua Orkem yang terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa baik Universitas maupun Fakutas, Himpunan Program Studi (Himaprodi) hingga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Untag Surabaya.

Meski terlaksana secara daring, muatan materi yang diberikan tidak jauh berbeda dengan kegiatan offline. Peserta mengikuti pelatihan selama 3 hari, terhitung sejak Jumat hingga Minggu, (9-11/4). Peserta juga mendapatkan materi mengenai Wawasan Kebangsaan, Kepemimpinan, Manajemen Organisasi, Pola Pengembangan Kemahasiswaan hingga Sosialisasi E-Arsip dan Pengelolaan E-mail Orkem. “Baik online maupun offline, materinya sama. Yang membedakan pada character building-nya,” ucap Rahma. Pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan character building dilakukan melalui outbond. Namun karena konsep kali ini berbeda, materi diberikan secara daring. “Kami tetap berikan materi character building dan leadership, dengan tidak mengurangi makna apa yang mau dipelajari,” imbuh dosen Fakultas Psikologi ini.

Antusiasme peserta dari awal hingga akhir acara juga terlihat melalui pertanyaan dan juga tanggapan pada setiap sesi. “Awalnya memang khawatir peserta akan merasa garing karena online, bosan mendengar materi, namun karena pada hari terakhir adanya materi character building, peserta bisa interaktif sehingga bisa cair, feedback-nya juga baik dari peserta,” terang Rahma. Lebih lanjut ia berharap, adanya kegiatan LKMM ini mampu menjadi langkah sivitas akademika bersama-sama menuju Untag Surabaya yang lebih unggul. Rahma menuturkan, “melalui materi-materi yang didapat, harapannya semoga peserta bisa menjadi pemimpin yang baik dengan memiliki visi yang baik. apabila mereka bisa melakukan hal itu, serta merta Untag Surabaya juga bisa semakin baik.”

Dalam pelaksanannya, Kepala Biro Kemahasiswaan Untag Surabaya – Eddy Wahyudi, SH, MH., mengapresiasi kegiatan LKMM yang kali pertama melaksanakan materi character building secara daring itu. “Ini menjadi suatu inovasi dan terlaksana dengan baik,” ungkap Eddy. Kedepan ia berharap, materi yang telah diterima oleh peserta bisa menjadi bekal untuk ketua Orkem di masing-masing organisasi untuk meningkatkan kemampuan memimpin, sikap kreatif dan inovatif, “semoga ilmu yang didapat oleh semua orkem bisa bermanfaat bagi seluruh organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan Untag Surabaya sehingga bisa menjadi lebih baik dan berprestasi.” (ua)



PDF WORD PPT TXT