Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Lima Mahasiswa UNTAG Surabaya berhasil lolos seleksi Program Magang Bersertifikat BUMN

Lima Mahasiswa UNTAG Surabaya berhasil lolos seleksi Program Magang Bersertifikat BUMN Batch 1 2020. Kelimanya adalah Sih Fandy Arianto (Teknik Mesin) dengan penempatan di PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero), Nyongki Padalani (Ilmu Komunikasi) dengan penempatan di PT. Pegadaian (Persero), Kridho Ihza Putra (Teknik Mesin) dengan penempatan di PT. Industri Kereta Api (Persero), Muhajir Maulana (Teknik Mesin) dengan penempatan di PT. Industri Kereta Api (Persero), dan Hisnu Yunji (Teknik Mesin) dengan penempatan di PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).

Program magang ini merupakan kali kedua UNTAG Surabaya melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi (PMMB). “Ini merupakan batch kedua kami ikut serta dalam PMMB,” terang Rahma Kusumandari, S.Psi, M.Psi, Psikolog, Kepala Counseling and Career Center (C&CC) UNTAG Surabaya saat diwawancara pada Selasa, (7/1). “Sebelumnya, PMMB batch pertama dipegang oleh Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI), dan akhirnya diserahterimakan pada kami dibulan Desember kemarin,” lanjutnya.

Dalam pelaksanaannya, UNTAG Surabaya bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Program ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di perusahaan-perusahaan milik negara. “Pusat karir di beberapa Perguruan Tinggi dibantu oleh FHCI untuk adanya program magang ini agar mahasiswa bisa mendapat pengalaman magang di BUMN,” tutur Rahma.

Pengumuman adanya PMMB ini sudah jauh-jauh hari dibagikan melalui laman instagram resmi C&CC UNTAG Surabaya. “Kami juga menyebarkan informasi melalui masing-masing fakultas,” jelasnya. Mahasiswa yang berminat mengikuti magang hanya berkewajiban mengisi persyaratan yang dibutuhkan seperti Curriculum Vitae, transkrip nilai terakhir, KTM, SKCK atau rekomendasi dari fakultas dan pakta integritas yang ditandatangai dosen wali dan kaprodi.

“Yang diperbolehkan mengikuti program ini mahasiswa aktif minimal semester 7 (S1) dan semester 5 (D3) karena memang kerjanya sesuai dengan jam kerja pada umumnya jadi dia tidak punya tanggungan perkuliahan,” jelas Rahma. Sementara itu proses seleksi dilaksanakan secara online. “Nanti pihak BUMN yang mencocokkan data mahasiswa dengan yang mereka butuhkan,” imbuhnya. Dalam program PMMB ini, mahasiswa yang lolos seleksi akan melaksanakan magang di BUMN selama 6 bulan dan mendapat sertifikat serta uang saku.

“Harapannya mahasiswa yang berhasil lolos ini mampu mengenal standar kerja yang bagus seperti apa. Kalau kinerja mereka bagus kan harapannya bisa kemudian berlanjut kerja disana,” tutupnya. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda