logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Lagi! Atlet Panahan Untag Surabaya Meraih Prestasi Gemilang

Kembali, Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya meraih prestasi gemilang pada Kejuaraan Situbondo Archery Championship 2023 yang diadakan oleh Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Situbondo. Tiga medali perak berhasil dibawa pulang oleh Mahasiswa semester empat prodi Ilmu Hukum – Catur Christian Putra. Kejuaraan tersebut diselenggarakan di Stadion Gelora Muhammad Saleh kabupaten Situbondo Jawa Timur pada tanggal 8-12 November 2023.

Diikuti 400 peserta lainnya dari 13 Kota Kabupaten se-Jawa Timur, Catur, sapaan akrabnya, mampu memenangkan 1 Medali Perak di Aduan Compound 21 Men, 1 Medali Perak di Total Compound 21 Men, dan 1 Medali Perak di Beregu Compound 21 Men.

Sepanjang tahun 2022 sampai 2023, Catur sudah meraih sebanyak 15 medali dalam perbagai kejuaraan. Medali emas pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) 2022 di Ponorogo, empat medali emas pada 3th Fly Navy International Archery Open 2023 di Sidoarjo, satu medali emas dan satu medali perunggu di Pekan Olahraga Provonsi (Porprov) 2023.

Rasa cemas menjadi salah satu kendala Catur dalam kejuaraan sebelumnya, namun dalam Situbondo Archery Championship 2023 dirinya merasa lebih tenang. “Biasanya kalau mendekati hari H, atau ketika lomba, saya merasa cemas, seperti mentalnya down, tapi kemarin saat lomba sudah bisa menepis kecemasan, sudah merasa lebih tenang, dan biasa,” ujarnya.

Namun pada kejuaraan di Situdbondo, Catur mengaku dalam kendala terbesarnya hanya cuaca yang begitu panas namun hal tersebut tidak mengecilkan semangat juangnya. “Di sana cuacanya sangat panas, melebihi cuaca di Surabaya. Tapi semua bisa terbayarkan dengan membawa pulang medali,” lanjutnya.

Di akhir wawancara, Catur menyampaikan keinginannya agar olahraga panahan dapat menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Untag Surabaya dan pesannya untuk pemuda dalam mengikuti suatu olahraga jangan karena mengikuti teman saja, karena kalau bukan karena niat dari diri sendiri hasilnya menjadi kurang maksimal. “Di dunia olahraga itu tidak gampang dan tidak susah, jadi ketika memilih pilihan olahraga jangan terpaksa, jadi harus kemauan kita sendiri, karena olahraga juga termasuk hobby juga, jadi kita harus have fun, harus senang, jangan terpaksa karena kita kayak ikut ikutan teman,” ucapnya. (wf/rz)



PDF WORD PPT TXT