logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya

An Empowering & Networking University

Detail Berita

Kopkar YPTA Surabaya Gelar RAT secara Virtual

Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan para karyawannya. Guna mencapai hal tersebut, koperasi karyawan telah dibentuk sejak 1981. Hingga saat ini, Koperasi Karyawan YPTA Surabaya telah beranggotakan tak kurang dari 675 karyawan. Ketua YPTA Surabaya-Drs. Ec. Mangapul Silalahi, MM. ju membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopkar YPTA Surabaya, Jumat, (9/4).

Dalam sambutannya, Pak Sil (sapaan akrabnya), mengapresiasi kinerja Kopkar YPTA Surabaya, “Secara fisik, ada perubahan mendasar. Komunikasi pada anggota juga berlangsung dengan baik. Meski pandemi mempengaruhi kondisi Indonesia dan dunia, tidak menghambat melakukan RAT.” RAT Kopkar YPTA Surabaya dipimpin oleh Direktur Organisasi dan Hukum YPTA Surabaya-Eddy Wahyudi, S.H., M.Si. Adapin evaluasi kinerja disampaikan oleh Pengawas Kopkar YPTA Surabaya-Muhammad Taufik Hidayat, SE., MM. Dia turut mengapresiasi pencapaian pengurus Kopkar selama setahun ke belakang, “Kinerja pengurus cukup baik dan pelayanan semakin tepat, sehingga komplain anggota relatif lebih rendah.” Di sisi lain, pertumbuhan asset juga patut diapresiasi, “Pertumbuhan aset meningkat 15% dari 5 miliar. SHU juga meningkat, walau hanya 2% namun di masa pandemi patut dibanggakan.”

Pak Sil menilai, penurunan bunga pinjaman berdampak positif pada persepsi dan kesejahteraan anggota. “Pengurus saat ini berhasil menperbaiki performance dengan memberi manfaat bagi anggota karena Kerjasama lintas unit,” tutupnya.

Plt. Ketua Kopkar YPTA Surabaya-Teddy Prihantono, SE., MM. mengatakan bahwa RAT harus tertunda selama satu tahun karena pandemi. “Meski begitu hak anggota tetap diberikan,” sebutnya. Dalam Laporan Kinerja, Teddy melaporkan, “Sebagai Plt. Ketua, yang saya lakukan adalah tertib administrasi yang tahun sebelumnya belum diselesaikan dan tagihan banyak sekali. Selama masa pandemi, kami laporkan ada penurunan bursa.” Sama seperti tahun sebelumnya, sebut Teddy, RAT ditutup dengan pengundian doorprize, “Tahun ini jumlahnya lebih besar, karena online, jadi ditambah anggaran konsumsi yang tahun ini tidak terpakai.”

Di akhir RAT, para anggota memilih pengurus baru. Teddy Prihantono, SE., MM. terpilih sebagai Ketua Kopkar YPTA Surabaya periode 2021-2024 didampingi Sunarto, S.Sos. sebagai sekretaris. Jajaran Pengawas diisi oleh Muhammad Taufik Hidayat, SE., MM.; Eddy Wahyudi, S.H., M.Si. serta Supangat, M.Kom., ITIL, COBIT. Saat ditemui di akhir RAT, sebagai ketua terpilih, ke depan Teddy akan mengembangkan Buku Saku Anggota Kopkar berbasis e-book, “Saat ini masih tahap koordinasi dengan Direktorat Sistem Informasi YPTA. Jadi dengan e-book ini anggota koperasi bisa mengetahui perkembangan simpanan berapa. Jadi memudahkan semua anggota Kopkar”  (um/rz)



PDF WORD PPT TXT