logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

KKN Tematik Untag Surabaya Bantu Desa Minggirsari Kembangkan Ekonomi Kreatif

Bertempat di Balai Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya melakukan supervisi KKN Tematik Semester Genap tahun akademik 2021/2022, Kamis, (21/7). Supervisi ini bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan mahasiswa menyelesaikan seluruh program kerja dalam waktu 12 hari, terhitung sejak 13 Juli – 24 Juli 2022.

Kepala Desa Minggirsari – Eko Hariadi mengapresiasi kinerja mahasiswa Untag Surabaya yang memberikan banyak manfaat bagi pengembangan Desa Minggirsari. “Mahasiswa Untag Surabaya luar biasa sekali, mereka mampu menuntaskan semua program kerja yang sudah dirancang. Tentunya kami sangat bisa merasakan banyak manfaatnya, mereka membuat tagline Ayo Dolan Nang Minggirsari,” ujar Eko. Kolaborasi ini diibaratkan seperti Kali Brantas, bermata air di Kota Batu namun dapat mengalir ke berbagai kota. “Ini yang kami terapkan, terus mencari partner untuk memajukan Minggirsari, salah satunya Untag Surabaya,” lanjutnya. Eko bersyukur Untag Surabaya memberikan perhatian lebih untuk mewujudkan Minggirsari menjadi Desa Wisata berbasis ekonomi kreatif. “Kami ingin siapapun yang berkunjung kesini bisa pulang dengan membawa ilmu,” paparnya.

Hal senada disampaikan Wakil Rektor I – Harjo Seputro, ST., MT. bahwa kehadiran KKN Untag Surabaya selalu dirindukan oleh masyarakat. “Di setiap desa yang menjadi tempat pelaksanaan KKN selalu ada yang bilang 12 hari itu kurang, artinya upaya yang kita lakukan berdampak bagi Pemerintah Desa dan masyarakat,” terangnya. Selain itu, Harjo juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan Pemerintah Desa Minggirsari sehingga mahasiswa Untag Surabaya dapat melaksanakan KKN dengan sebaik mungkin. “Kedepan kolaborasi akan terus berlanjut dan semakin berkembang,” tuturnya.

Mahasiswa KKN Tematik Desa Minggirsari Semester Genap tahun akademik 2021/2022 ini dibagi menjadi 7 kelompok kecil dengan program kerja yang beragam; Pemetaan potensi pangan di Desa Minggirsari, pemetaan perilaku pengolahan sampah, pendataan peralatan pengolahan sampah dan potensi sampah kotoran hewan, penyusunan katalog 10 UMKM, promosi Ngeli Ban Watu Bonang melalui TikTok @watubonangminggirsari, pembuatan film dokumenter tentang kelompok tani ‘Pangarepan’ dan penataan pengelolaan sampah kotoran hewan dengan metode vermikompos dan nitrobacter. “Kelompok ini dibentuk berdasarkan disiplin ilmu mereka masing-masing, untuk promosi dan dokumenter dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, untuk pendataan atau pemetaan dilakukan mahasiswa Administrasi Bisnis maupun Administrasi Negara dan pengolahan pupuk diserahkan pada mahasiswa Teknik,” papar Dosen Pendamping Lapangan - Dinda Lisna Amilia, S.Sos., M.A. (oy/rz)



PDF WORD PPT TXT