Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

KKN Non Reguler Untag Surabaya Bantu Permasalahan Masyarakat dengan Program Unggulan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Untag Surabaya melakukan supervisi KKN Non Reguler Semester Genap 2018/2019, Minggu (23/6). Dalam kegiatan ini, masing-masing divisi: Divisi Pendidikan dan Kesehatan (Pendkes), Divisi Kewirausahaan maupun Divisi Teknologi Tepat Guna (TTG) mempresentasikan program kerja yang sudah terselenggara selama dua bulan melakukan pengabdian masyarakat. Muhammad Natsir-Ketua Kelompok KKN Menur Pumpungan menuturkan beberapa program kerja unggulan dikelompoknya.

"Sebenarnya saya anggap unggulan semua. Namun, untuk yang paling baik diantara yang lain dari divisi TTG ada grease trap," ujar Natsir. Menurutnya, permasalahan yang ada di Kelurahan Menur Pumpungan khususnya di RW 2 adalah seringnya terjadi banjir. Hal tersebut salah satunya dikarenakan penyumbatan pada pipa pembuangan.

Grease trap merupakan alat penyaring untuk memisahkan limbah lemak/minyak yang dibuang dari tempat pencuci piring dan peralatan memasak. "Disini banyak rumah makan, tapi disana tidak menampung limbahnya juga. Habis cuci piring langsung dibuang diselokan," terangnya. Untuk pembuatannya, Natsir mengaku divisi TTG mendesain dan merancangnya sendiri, "temen-temen TTG membuat desain dan merakit sendiri, karena ada salah satu anggota TTG punya bengkel las sendiri."

Mahasiswa program studi Teknik Elektro itu pun melanjutkan, susu almond juga menjadi produk unggulan dari KKN Kelurahan Menur Pumpungan RW 2. Produk ini merupakan hasil kreasi Divisi Kewirausahaan. Sebelumnya, divisi Kewirausahaan melakukan pelatihan pembuatan susu almond yang dihadiri ibu-ibu Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Karang Taruna. "Kemarin juga sudah dicoba dipasarkan dan alhamdulillah ternyata laku di pasaran," akunya.

Permasalahan lain yang dimiliki warga RW 2 Menur Pumpungan adalah banyaknya nyamuk yang sering mengakibatkan warga terkena demam berdarah. "Jadi kita buatkan ekstrak serai wangi, dan alhamdulillah respon masyarakatnya menerima dengan baik," sambungnya. KKN Non Reguler Semester Genap 2018/2019 Untag Surabaya ini akan berakhir pekan depan. Sebagai penutup kegiatan, mahasiswa KKN Menur Pumpungan RW 2 akan melaksanakan senam sehat.

Natsir berharap, "semoga apa yang telah kita sosialisasikan tetap bisa dilanjutkan, seperti ekstrak sereh wangi agar tidak ada yang terkena demam berdarah lagi. Untuk grease trap agar salurannya tidak mampet karena tertumpuk lemak. Sementara untuk susu almod, harapannya nanti bisa menjadi Kampung Susu Almond, karena di Surabaya kebetulan hanya ada 2 pelaku usaha susu almond." (ua/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda