logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Kenang Sejarah, Untag Surabaya Hadirkan DPD Legium Veteran RI

Sebagai Kampus Nasionalis, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus menanamkan nilai dan karakter bangsa pada mahasiswa. Kamis, (14/10) Unit Mata Kuliah Umum Untag Surabaya menggelar kuliah umum bertema ‘Implementasi Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme di Era New Normal’ secara hybrid dengan luring terbatas di Ruang Q205-210 Gedung Graha Prof. Roeslan Abdulghani lantai 2. Tak kurang dari 600 mahasiswa hadir secara virtual sebagai peserta kuliah umum.

Rektor Untag Surabaya - Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA. membuka langsung kuliah umum. Dalam sambutannya dia menegaskan bahwa Kampus Merah Putih terus berupaya menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. “Di Untag Surabaya ada mata kuliah penciri seperti: Wawasan Kebangsaan dan Patriotisme. Mendidik anak bangsa agar menjadi patriot bangsa yang mengedepankan kepentingan umum. Sejarah membuktikan untuk memajukan bangsa harus gotong royong, sinergi,” papar Prof. Nugroho.

Dewan Pimpinan Daerah Legium Veteran Republik Indonesia - Kol. Mar. (Purn) H. Gatot Suharyoso yang tampil sebagai pemateri pertama menyebutkan bahwa veteran lahir pada 1957. Tak hanya, mengenalkan veteran pada peserta yang merupakan generasi milenial, dia juga menerangkan, “Anak muda harus paham sejarah, terutama veteran yang berjuang untuk dan pasca kemerdekaan. Kami ingin mahasiswa walau kondisi new normal menjadi nasionalisme dan patriotism sejati.”

Pada kesempatan yang sama, Drs. H. Eko Pranoto, SE., MM. yang juga Dewan Pimpinan Daerah Legium Veteran Republik Indonesia turut memaparkan materi ‘Relevansi Nilai Kejuangan dalam Membentuk Karakter Bangsa’. Menurutnya, nasionalisme dan patriotisme tak terpisahkan, “Nasionalisme cinta negara, patriotism cinta manusianya. Karena cinta harus dilindungi, baik buminya maupun manusianya.”

Lebih lanjut Eko memaparkan bahwa nasionalisme dan patriotisme tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, itu bunyinya. Pesan juang yang harus diingat generasi muda.” Dia menambahkan, “Nilai-nilai kejuangan menjadi senjata moril dan pendorong semangat perjuangan dalam melindungi segenap bangsa dan negara.” (um)

 



PDF WORD PPT TXT