logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Jadi Pelopor, Prodi Ilkom Untag Surabaya Laksanakan MBKM dengan BK3S Jawa Timur

Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya mengantarkan 26 mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Proyek Kemanusiaan. Kegiatan ini bertujuan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kegiatan kemanusiaan. Acara dibuka dengan upacara pembukaan di Ruang Hayam Wuruk Gedung Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Jawa Timur, (26/2).

Ketua Umum BKKKS Jawa Timur — Dr. Pinky Saptandari, Dra., M.A menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa Untag Surabaya yang memilih BKKKS Jawa Timur sebagai wadah untuk belajar menjadi relawan sosial. “Kami senang dan sangat menghargai kehadiran mahasiswa Untag Surabaya yang melaksanakan MBKM di sini. Kami berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan terlibat aktif dalam kegiatan sebagai relawan sosial,” katanya.

Selama kurang lebih satu semester kegiatan MBKM berlangsung, Dr. Pinky berharap para mahasiswa dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi mitra lembaga BKKKS Jawa Timur. Selain itu, Dr. Pinky menambahkan bahwa kegiatan ini dapat menjadi modal bagi para mahasiswa untuk lebih peduli dan empati terhadap masyarakat serta menghargai keragaman. "Momen satu semester ini juga dapat menjadi modal sosial untuk lebih peduli, berempati, dan menghargai perbedaan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kaprodi Ilmu Komunikasi — Mohammad Insan Romadhan, S.I.Kom., M.Med.Kom menyampaikan kegiatan kolaborasi dengan BKKKS Jawa Timur ini sebagai wujud implementasi program MBKM Proyek Kemanusiaan. Selain itu, dosen yang kerap disapa Insan juga menambahkan selama kegiatan ini berlangsung, para mahasiswa dapat mengambil serta memberikan manfaat untuk masa depan jangka panjang. “Secara resmi, program MBKM Proyek Kemanusiaan di BKKKS Jawa Timur ini merupakan kali pertama. Sehingga prodi berharap para mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan dengan baik dan dapat mengambil manfaat untuk masa depan kelak,” ujarnya.

Insan berharap pelaksanaan kegiatan kolaborasi ini akan terus berlanjut dan para mahasiswa dapat memetik nilai pendewasaan diri ketika kegiatan ini berlangsung. “Kami berharap kolaborasi ini dapat  terus berlangsung dan berkembang menjadi beragam inisiasi program yang dapat diterapkan dari berbagai perspektif. Lalu untuk teman-teman mahasiswa, prodi juga berharap dapat memetik nilai pendewasaan diri ketika terdapat culture shock yang nantinya dijumpai selama kegiatan berlangsung,” lanjutnya.

Program MBKM Proyek Kemanusiaan ini juga melibatkan beberapa mitra binaan BKKKS Jawa Timur, antara lain; Kanfa Kraft, Sekolah Luar Biasa (SLB) Paedagogia, Perkumpulan Orang Tua Dengan Anak Down Syndrom (POTADS), dan Kelompok Perempuan dan Sumber-Sumber Kehidupan (KP2SK). (iy/oy/rz)



PDF WORD PPT TXT