Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Himatansi Kembali Gelar Accounting Challenge

Himpunan Mahasiswa Akuntansi Untag Surabaya (Himatansi) kembali menggelar Accounting Challenge. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kompetisi antar mahasiswa maupun siswa SMA/SMK dibidang Akuntansi. Dalam pelaksanaannya, kompetisi antar mahasiswa hanya dibuka untuk mahasiswa prodi Akuntansi Untag Surabaya saja. Sementara kategori peserta SMA/SMK dilaksanakan berskala nasional atau diikuti oleh siswa SMA/SMK se-Indonesia.

Mengusung tema “Complete your Mission for your Better Future”, babak semifinal hingga grandfinal kegiatan terlaksana pada Minggu (22/11) kemarin. Meski pandemi, Mahasiswa Prodi Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untag Surabaya tetap menyelenggarakan kompetisi tahunan bidang akuntansi ini. “Walaupun pandemi, kita tetap menyelenggarakan kegiatan dengan harapan mampu menumbuhkan jiwa kompetitif juga mengenalkan kampus,” kata Alif Ziya Nisa, salah satu panitia kegiatan.

Kegiatan tahunan yang telah terlaksana selama 8 kali ini biasanya diselenggarakan secara tatap muka. Namun, adanya pandemi membuat kegiatan terlaksana dengan konsep daring dan luring. “Jadi konsepnya cukup berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kita mengadakan kegiatan secara online dan offline,” tutur mahasiswi semester 5 itu. Meski begitu, antusias peserta cukup baik, terbukti dengan jumlah peserta Accouting Challenge kategori mahasiswa diikuti oleh 11 tim. Sementara siswa SMA/SMK mendaftar hingga 41 tim dengan sebaran daerah Surabaya, Malang, Cirebon, Jambi hingga Kalimantan.

 Lebih lanjut Alif menjelaskan, dalam kegiatan ini seluruh kategori baik mahasiswa maupun siswa SMA/SMK mengikuti seleksi melalui online pada babak preliminary hingga main round. “Semuanya dilaksanakan melalui platform Zoom, dengan tiap panitia memperhatikan peserta agar tidak ada kecurangan,” jelasnya. Selanjutnya, tim yang lolos berlanjut pada tahap final yakni debat. Pada babak ini, hanya 4 tim yang berhasil lolos dan bertanding memperebutkan posisi juara pertama. Namun, pada babak final ini, kategori mahasiswa dilaksanakan secara daring dan luring. “Jadi peserta yang domisili Surabaya datang langsung ke Kampus, di Graha Wiyata lantai 9. Sementara peserta yang sedang atau berdomisili di luar kota, hanya melalui online. Jadi 3 tim yang offline, 1 melalui online. Namun debat dilaksanakan tetap melalui online meski ada yang hadir secara langsung,” papar Alif.

Dalam ajang Accounting Challenge tahun 2020 kategori siswa SMA/SMK, juara pertama berhasil diraih oleh tim dari SMK Kristen Harapan Sejati. Selanjutnya juara 2 diraih oleh tim SMA Kristen Penabur Cirebon, juara 3 diraih oleh SMK Unggul Sakti dan disusul oleh SMA Khadijah Surabaya. Sementara untuk kategori mahasiswa, juara pertama berhasil diraih oleh tim R.A Kartini yang diketuai oleh Nurul Isniati Sumarna, disusul oleh tim Sutomo dengan Ananda Aqilla Mustaqim Suwandana. Untuk juara 3 diraih oleh Moh. Yamin dengan ketua Wardatul Hasanah dan Harapan 1 diraih oleh tim Mohammad Hatta dengan ketua Mutmainnah. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda