logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Himakota Untag Surabaya Suguhkan Negeri Komunikasi 2021 Dengan Konsep Berbeda

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Himakota FISIP) Untag Surabaya kembali menggelar Negeri Komunikasi. Pandemi Covid-19 tidak melunturkan semangat dalam menggali ide kreatif dan inovatif. Mengusung tema ‘Senaya Meraki’ Himakota menyuguhkan konsep baru dengan mengadakan berbagai lomba tanpa harus tatap muka. Puncak dari Negeri Komunikasi yang telah memasuki tahun keempat ini ditayangkan melalui live streaming pada Sabtu malam, (20/11).

Negeri Komunikasi 2021 menyasar pelajar SMA dan mahasiswa se-Indonesia serta bertujuan untuk memberikan wadah untuk mengasah skill dan menambah pengalaman khususnya di bidang komunikasi. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Dekan FISIP Untag Surabaya - Dr. Zakariya, MS., MM. “Saya mengucapkan apresiasi dan ucapan selamat atas terlaksananya Negeri Komunikasi. Selamat juga kepada seluruh pemenang, semoga Tuhan selalu memberkati,” ucapnya saat memberi sambutan. Pada kesempatan yang sama, Mohammad Insan Romadhan, S.I.Kom., M.Med.Kom. – Kaprodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya juga menyampaikan harapan di dalam sambutannya, agar acara yang diselenggarakan oleh Himakota ini dapat berjalan lancar.

Ketua Himakota Untag Surabaya – Chiera Desta Winarti menjelaskan kegiatan yang bertemakan ‘Senaya Meraki’ memiliki arti sekumpulan orang yang melakukan segala sesuatu dengan penuh ambisi, keyakinan, dan kebahagiaan. Lebih lanjut mahasiswa semester 5 ini mengatakan butuh persiapan selama tiga hingga empat bulan, “tantangan terbesar kami ada pada pengemasan acara, bagaimana agar acara ini berjalan dengan lancar, asik, tidak membosankan dan bermanfaat meski pelaksanaannya harus virtual.”

Rangkaian kegiatan, terdapat sekumpulan orang yang melakukan lomba infografis, voice over dan menulis artikel. Selain itu juga mengadakan kelas voice over dan diskusi terbuka sudut pandang mengenai Revenge Porn yaitu budaya menyalahkan tanpa melihat korban. Pada Malam Puncak Negeri Komunikasi, pemenang rangkaian lomba diumumkan dengan konsep drama ‘The Untold Story of Senaya Meraki’. Dalam drama tersebut, hidup pemuda bernama Cakra diwarnai oleh pengumuman lomba Negeri Komunikasi melalui suara radio, koran hingga poster yang ditempel oleh warga sekitar rumahnya. Siti Sakinah keluar sebagai  Juara 1 Lomba Voice Over disusul Bertha Virginia Yosmar dan Arsy Saschia Ekka sebagai Juara 2 dan 3. Adapun Juara Artikel Popular diraih oleh Yohanes Maharsi, Melisa Nirmala dan Ahmad Choirul Anam.

Chiera berharap agar kegiatan tersebut mampu menjadi wadah kreasi serta inovasi bagi pelajar serta mahasiswa dan juga meluaskan relasi antara Himakota dengan himpunan pelajar maupun mahasiswa se-Indonesia. “Periode berikutnya dipastikan akan banyak kegiatan-kegiatan yang mewadahi mahasiswa lainnya dengan inovasi-inovasi yang baru lagi termasuk Negeri Komunikasi 2022,” tutup Chiera. (oy/um/rz)



PDF WORD PPT TXT