logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Hibah PPK ORMAWA 2022, BEM FISIP Untag Surabaya Suguhkan Lima Pojok Literasi Untuk Desa Bejijong, Mojokerto

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) Untag Surabaya mendapatkan pendanaan hibah Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) dan dilaksanakan di Desa Bejijong, Mojokerto. PPK ORMAWA merupakan program dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, (Kemdikbud Ristek) yang memberi kesempatan kepada Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

(9/9), Wakil Rektor I - Harjo Seputro, M. T., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) – Aris Heri Andriawan,S.T., M.T., Kepala Badan Penjamin Mutu – Drs. Achmad Maqsudi, Ak., M.Si., dan  Plt. Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni – Andik Eka Pratama, S.Kom. melakukan visitasi yang bermaksud untuk monitoring dan evaluasi (monev) pendanaan hibah di Desa Bejijong, Mojokerto. “Tujuan kami kesini adalah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pada kegiatan adik-adik, supaya kami yakin bahwa apa yang sudah diprogramkan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya mengingat dana yang digunakan berasal dari APBN,” tutur Harjo dalam sambutannya.

Kepala Seksi Kesejahteraan Desa Bejijong – Edi Purnomo mengaku bahwa kegiatan yang berlangsung di Desa Bejijong, Mojokerto sejak Bulan Juli ini disambut baik oleh warga setempat. “Kehadiran mahasiswa Untag Surabaya ini memberikan manfaat yang besar bagi kami karena dengan adanya teman-teman mahasiswa mampu mengedukasi warga terkait dengan pengembangan sumber daya manusia. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kapasitas sumber daya manusia,” ujarnya. Selain itu dengan adanya sinergi yang baik antara Kampung Majapahit dan Untag Surabaya, Edi berharap kerja sama dan kolaborasi ini dapat terus terjalin. “Harapan kami, kerja sama ini tidak hanya satu kali, mengingat masih banyak sektor lain yang perlu diperhatikan dalam pengembangan potensi desa,” pungkas Mudin Desa Bejijong dijumpai saat wawancara. 

Sementara itu, Tim PPK ORMAWA yang diketuai oleh Fransiskus Ari Nugraha ini telah menyusun lima pojok literasi dengan judul ‘Peningkatan Kapasitas Human Capital Melalui Sustainable Livelihoods Literacy Guna Mewujudkan Bejijong Cerdas’ dan akan dirampungkan hingga November mendatang. “Sampai saat ini dari lima pojok literasi yang kami usulkan dan dua program tambahan, hampir semuanya sudah terlaksana dan ini yang menjadi bekal bagi masyarakat kedepan dalam mewujudkan Bejijong Cerdas. Fokus kami sekarang merampungkan Kejar Paket A mengingat banyaknya tahapan administratif yang perlu kami persiapkan,” ujar mahasiswa yang duduk di semester lima ini. (am/rz)



PDF WORD PPT TXT