logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya

An Empowering & Networking University

Detail Berita

Hetti Raih Best Paper dalam Temulnas IPPI-HIMPSI

Tantangan utama bagi institusi pendidikan di tengah pandemi adalah membina peserta didik untuk tetap memiliki kekuatan karakter di tengah kondisi yang tidak menguntungkan. Hal tersebut disampaikan oleh Hetti Sari Ramadhani S.Psi., M.Psi. dalam penelitian bertajuk ‘?Kekuatan Karakter Remaja di Tengah Pandemi Covid-19’. Penelitian yang dilakukan pada 145 mahasiswa ini diganjar dengan penghargaan Best Paper dalam Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia pada Minggu, (28/3) yang lalu. Kegiatan rutin tahunan ini digelar secara virtual dengan tema ‘Adaptasi Individu di Era Kenormalan Baru, Menyongsong Revolusi Peradaban 5.0: Peluang dan Tantangan’ dan Universitas Negeri Makassar sebagai tuan rumah

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pentingnya kekuatan karakter bagi mahasiswa awal (semester 2-4) “Mahasiswa (semester) awal sebagai remaja akhir ternyata memiliki lima karakter dominan, seperti: baik hati, cinta, jujur, kebersyukuran dan humor. Juga, melihat kekuatan karakter mahasiswa psikologi untag surabaya dalam menghadapi perubahan yang terjadi di tengah pandemi Covid-19, yang diharapkan ada peran yang bisa diambil, dan tidak hanyut pada pandemi.” Menurut, Hetti yang juga sebagai Manajer Sertifikasi Lembaga Sertifikasi Profesi Untag Surabaya ini kelima karakter tersebut menjadi modal terbesar yang dapat membantu remaja akhir untuk bertahan.

Penelitian yang dilakukan selama satu bulan secara online ini, Hetti mengaku sangat terbantu dengan perkembangan teknologi saat ini, “sistem online memudahkan. Hanya saja memang harus punya komunikasi yang baik dengan mahasiswa sebagai responden.” Dosen yang sedang menyelesaikan studi Doktor Psikologi ini berharap penelitiannya dapat bermanfaat, “Pastinya bersyukur karena apa yang kita tulis diapresiasi, semoga bisa memberi kontribusi dalam menggambarkan kekuatan karakter sebagai upaya adaptasi perubahan di tengah pandemi Covid-19.” (um/rz)



PDF WORD PPT TXT