Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

GUNA PERPENDEK MASA TUNGGU, C&CC BEKALI LULUSAN UNTAG SURABAYA

Senin, (9/9) Counseling and Career Center Biro Kemahasiswaan dan Alumni (C&CC BKA) mengadakan Pelatihan menuju Dunia Kerja dan Campus Hiring. Peserta adalah para alumni Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya yang baru saja diwisuda pada Sabtu, (7/9). Bertempat di Meeting Room Gedung Q Lantai 2, pelatihan dibuka langsung oleh Rektor UNTAG Surabaya - Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA. yang didampingi Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni - Eddy Wahyudi, SH., M.Si.

Dalam sambutannya Nugroho mengatakan, “Kami bangga karena lulusan kami sudah melalui proses yang terus kami benahi. UNTAG Surabaya mendapatkan hibah sebesar tiga miliar dari Pemprov yang kami alokasikan untuk peningkatan kualitas laboratorium. Apalagi dalam waktu dekat akan dibuka Fakultas Kedokteran.” Dia berharap, “Dengan naiknya kualitas layanan, fasilitas dan pengajaran yang diberikan; seharusnya masa tunggu kerja alumni semakin pendek. 40% alumni yang kemarin diwisuda sudah bekerja, maka 60% sisanya adalah tanggung jawab kami. Kami titip almamater pada anda semua. Semoga dengan pelatihan ini akan memperpendek masa tunggu anda.”

Hal senada disampaikan oleh Kepala C&CC - Rahma Kusumandari, M.Psi., Psikolog. “Kegiatan ini bertujuan untuk memperpendek masa tunggu wisudawan memasuki dunia kerja dan dunia industri agar cepat mendapatkan pekerjaan. Ini rutin kami adakan setelah wisuda. Respon pada tahun ini luar biasa sangat baik dan fully-booked. Ada enam materi yang akan disampaikan pakar yang ahli di bidang masing-masing. Harapannya dua hari ini bisa menjadi bekal bagi teman-teman. Dengan pendeknya masa tunggu kerja maka penilaian almamater makin tinggi.”

Pada kesempatan yang sama Puspo Nuraini Tri Rahayu, S.Psi., MM., Psikolog dari Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur memaparkan, “Memasuki dunia kerja situasi semakin sulit karena menghadapi suatu persaingan. Di sisi lain pertumbuhan ekonomi melambat. Hal ini berdampak pada dunia kerja.” Lebih lanjut dia menjelaskan, “Ada ketidakseimbangan antara kesempatan kerja dan pencari kerja. Penempatan tenaga kerja sering tidak sesuai dengan kebutuhan. Sebenarnya ada hal yang dibutuhkan selain kompetensi. Jika anda bersama 100 orang, maka yang akan terlihat adalah orang yang tampil berbeda. Anda harus jadi keren dan berbeda dari orang kebanyakan. Fokus pada passion yang sesuai minat dan keahlian kita.”

Tak hanya Disnaker Provinsi Jawa Timur, dalam pelatihan ini menghadirkan deretan narasumber lainnya. Di antaranya adalah Asosiasi Pengusaha Indonesia yang menyampaikan tentang Wirausaha vs. Pekerja, dilanjutkan presentasi Pengelolaan Keuangan yang Sehat oleh Adira Finance. Adapun Karolin Rista, M.Psi., Psikolog memaparkan tips terkait Menyesuaikan Diri dengan Budaya Perusahaan. Materi tentang Menulis Surat Lamaran Kerja dan Profesional CV oleh Mutual Plus menjadi penutup pelatihan di hari pertama. Adapun hari kedua diisi dengan Campus Hiring oleh 11  perusahaan terkemuka . (Um)

Login dengan Username dan password Siakad Anda