Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Gandeng DSI YPTA, Polda Jatim Bangun Sistem Digital Indeks Kepuasan Masyarakat

Polda Jawa Timur bekerjasama dengan Direktorat Sistem Informasi (DSI) Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya membangun sistem digital indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kepolisian. Sistem ini untuk memudahkan kepolisian mengevaluasi dan meningkatkan kualitas layanan publik.

Ditemui di kantornya, Selasa (11/2), Direktur DSI Untag Surabaya, Supangat, M.Kom., I.T.I.L., C.O.B.I.T., mengatakan, “kerjasama ini berdasarkan surat permohonan dari Polda Jatim untuk YPTA Surabaya, dalam hal ini berhubungan dengan Kepala Seksi Pelayanan Administrasi (Kasi Yanmin).” Untuk mengetahui kepuasan masyarakat, sebelumnya Polda Jatim masih menggunakan cara manual dengan memberikan lembaran kertas kepada pemohon yang datang ke kantor Pelayanan Administrasi Polda Jatim. Dengan perubahan menggunakan sistem digital ini diharapkan prosesnya dapat lebih cepat dan efektif.

Pada sistem digital ini, polda Jatim mampu mengukur tingkat kepuasan masyarakat secara cepat dan akurat. Bagan yang berbentuk grafik ini juga berfungsi untuk mengetahui kinerja unit pelayanan secara berkala. Dengan menggunakan 3 indeks kepuasaan yakni sangat puas, puas dan belum puas, hal ini mampu memudahkan petugas untuk mengevaluasi serta meningkatkan kualitas pelayanan. “Pada sistem ada report-nya secara real time melalu grafis. Jadi apabila ada yang tidak puas langsung bisa dievaluasi dari sisi ruangan, layanan atau petugas dan itu penting. Pimpinan juga bisa langsung memantau,” jelas Supangat.

Sebelumnya, DSI YPTA Surabaya pernah memberikan bantuan serupa pada Kapolrestabes Surabaya. Selain Lembaga kepemerintahan, DSI YPTA Surabaya juga kerap membantu Lembaga Pendidikan agar mampu memberikan pelayanan terbaik. “Hal ini sebagai langkah kontribusi Yayasan kepada masyarakat melalui pengabdian masyarakat seperti ini,” tutur Supangat. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda