logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Fakultas Psikologi Untag Surabaya Gelar Seminar Asesmen & Rancangan Intervensi Anak dengan Keberbakatan

Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 terus berkomitmen menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul terutama menciptakan sarjana-sarjana yang berkualitas mutu tinggi. Terbukti saat berlangsungnya seminar ‘Asesmen dan Rancangan Intervensi Anak dengan Keberbakatan’, para mahasiswa psikologi memenuhi Ruang Theater Room Lantai 6 Gedung Pusat Yayasan & Rektorat (27/09). “Mahasiswa Psikologi tidak cukup dengan belajar di dalam kelas tapi juga dapat menambah wawasan skill-nya di luar kelas,” ungkap Dekan Fakultas Psikologi - Dr. Rr. Amanda Pasca Rini, M.Si., Psikolog dalam sambutannya.

Mahasiswa berbagai jenjang dari Sarjana, Magister hingga Dosen Psikologi penuh semangat mengikuti seminar yang berlangsung selama tiga jam. Bahkan mahasiswa luar Untag Surabaya juga tertarik mengikuti kegiatan yang merupakan rangkaian ‘Seminar Series’ yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi terhitung dari tanggal 23 - 29 September 2022.

Dimoderatori oleh Dosen Fakultas Psikologi - Rahma Kusumandari, M.Psi., Psikolog, seminar berlangsung sangat khidmat. Peserta benar-benar fokus dan kritis membangun suasana diskusi yang menarik. Hal itu juga didukung oleh pengisi materi seminar yang merupakan ahli Psikolog yang handal - Dr. Evy Tjahjono S.Psi., M.G.E., Psikolog. merupakan anggota American Psychological Association (APA), anggota Asia-Pacific Federation on Giftedness, dan saat ini juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Psikologi UBAYA.

Penuh kegembiraan, Dr. Evy menerangkan dengan sangat detail dan lengkap mengenai Anak dengan Keberbakatan atau yang dikenal dengan istilah Giftedness. “Orang-orang yang memang memiliki kemampuan unggul dan bisa menunjukan prestasi yang unggul dalam hal kecerdasan dan kreativitas,” ungkap Dr. Evy yang menjelaskan arti dari Giftedness. Dia juga membedakannya menjadi empat golongan yakni Giftedness dengan bakat istimewa, cerdas istimewa, prodigy dan jenius.

Lulusan Master of Gifted Education The Flinders University Of South Australia ini mengaku bahwa penanganan Gifted di Indonesia belum optimal. Banyak orang-orang dengan kecerdasan khusus menempuh pendidikan dan mengabdi ke luar negeri. “Padahal jika kita dapat menanganinya serta memberikan fasilitas yang baik dan tepat mereka bisa memajukan bangsa ini, contohnya adalah Bapak B.J Habiebie,” ungkap Dr. Evy penuh prihatin.

Diterangkan pula saat seminar bahwa Giftedness selalu dipengaruhi dua faktor : genetik dan lingkungan. “Tidak bisa tidak, pasti ada faktor genetik, baik langsung maupun tidak langsung. Tapi tidak akan berkembang dengan baik jika tidak ada stimulasi yang tepat dari lingkungannya,” ujar Dr. Evy. Selain itu juga Konsultan Pendamping Individu Cerdas Istimewa tersebut menerangkan cara asesmen yang baik guna mengidentifikasi orang-orang dengan kecenderungan memiliki kecerdasan istimewa.

Seminar ini merupakan serangkaian ‘Seminar Series’ yang diselenggarakan Fakultas Psikologi sebagai bentuk implementasi dari dana hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) merupakan program dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristekdikti). Dari kegiatan tersebut diharapkan Fakultas Psikologi Untag Surabaya dapat mencetak lulusan yang unggul. “Tidak hanya sarjana psikologi saja tapi juga ahli pada bidangnya dan siap bekerja,” ungkap Dekan Fakultas Psikologi. (ms/rz)



PDF WORD PPT TXT