logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Fabulous! Mahasiswa Untag Surabaya Sabet Medali di Kejuaraan Tarung Bebas Tingkat Provinsi Jawa Timur

Mahasiswa Universitas 17 Surabaya (Untag) berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam Kejuaraan Provinsi Tarung Bebas Indonesia (TBI) di gelar dua hari 25-26 November 2023 lalu yang bertempat di Gedung Maspion Square Surabaya. Ajang kejuaraan ini di selenggarakan oleh SLC Education bekerjasama dengan pengurus provinsi tarung bebas indonesia (TBI) dan KORMI Jawa Timur, sebagai wadah prestasi para atlet di bidang olahraga, untuk persiapan KEJURNAS TARUNG BEBAS INDONESIA ‘SLC CUP 2024 – ROAD TO THAILAND’.

Terdapat 300 peserta yang mengikuti kompetisi ini, diantaranya kedua Mahasiswa Untag Surabaya yang tergabung dalam Tim Akademi Wanoro Seto Indonesia ini adalah Mahasiswa Psikologi – Miftakhul Hidayah berhasil meraih Juara 2 Medali Perak dalam katagori Senior 51kg Putri dan Mahasiswa Ilmu Hukum – Arjuno Widya Pratama yang meraih juara 1 katagori Senior 57kg Putra.

Pada sesi wawancara dengan tim Humas Untag Surabaya, Miftakhul Hidayah atau yang lebih akrab disapa Mifta, mengungkapkan rasa syukurnya karena masih diberi kesempatan untuk meraih medali. "Bersyukur dan senang karena masih diberi kesempatan untuk menambah jam terbang dan masih tetap bisa meraih medali," ujarnya.  

Mifta mengaku sempat merasa gugup karena belum mengetahui siapa lawannya. “Saya sempat deg-degan karena belum pernah bertemu langsung dengan lawan saya, ditambah lagi ternyata lawan yang saya hadapi memiliki berat badan yang tidak seimbang dengan saya. Saya memiliki berat badan sekitar 51 kg sementara lawan saya memiliki berat badan 54 kg,” tuturnya. Namun, hal tersebut tidak membuat Mifta putus asa. Sebaliknya, Mifta justru langsung membuktikan kelincahan, kecepatan, dan ketepatan dalam setiap gerakan tarung bebas. Meskipun bersaing dengan lawan-lawan yang kuat, semangat juang dan kedisiplinan Mifta terlihat dalam setiap langkahnya.

Mifta mempersiapkan diri dengan mengatur pola makan yang seimbang dan mendukung kebutuhan energi serta nutrisinya. "Yang paling saya siapkan untuk menjaga performa saya dalam kejuaraan ini adalah pola makan dan latihan karena kedua itu merupakan aspek yang penting bagi seorang atlet," ungkapnya.

Mifta juga menceritakan awal mula menekuni olahraga tarung bebas dimulai saat dirinya masih duduk di bangku SMP, karirnya diawali dari ketertarikannya dengan cabang olahraga wushu, namun pada akhirnya Mifta memilih olahraga tarung bebas. Mifta juga menjuarai berbagai kejuaraan seperti Wushu, Muaythai, Kick Boxing, AKTI, TBI, Boxing. Saat ini mifta berada di semester empat, Mifta selalu berusaha mengimbangi antara waktu Latihan dan perkuliahan agar keduanya dapat berjalan selaras. Meski jadwal padat menjadi pemandangan sehari-hari, Mifta tidak pernah kehilangan fokus pada mimpinya.

Dengan semangat yang membara, Mifta menyampaikan harapannya untuk karier masa depannya. “Setiap orang mempunyai mimpinya masing-masing, kalau saya ingin bisa fokus mengukir prestasi di cabang olahraga tarung bebas ini, terutama saya ingin bisa bermain di kancah Nasional,” paparnya. (aa/rz)



PDF WORD PPT TXT