Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Drs. H. Mulyanto Nugroho, SE, MM, CMA Dosen FE Untag Surabaya Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi

Dosen Fakultas Ekonomi Untag Surabaya, Drs. H. Mulyanto Nugroho, SE, MM, CMA., berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan para penguji ujian terbuka untuk menyelesaikan Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Untag Surabaya, di Gedung Graha Wiyata lantai IX dengan judul disetasi “ Pengaruh Sistem Internal, Sistem Eksternal Dan Etika Terhadap Kepuasan Pemakai Sistem Dan Kualitas Informasi Keuangan Serta Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Politeknik Swasta Di Jawa Timur  ” (05/05/2015)

Drs. H. Mulyanto Nugroho yang saat ini sebagai Lektor Kepala dalam disertasinya mengatakan bahwa secara umum hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel sistem internal, sistem eksternal terhadap kepuasan pemakai sistem. Terdapat pengaruh positif dan signifikan sistem internal, sistem eksternal, dan etika terhadap kualitas informasi keuangan. Terdapat pengaruh positif dan signifikan sistem eksternal, etika, kepuasan, pemakai sistem informasi akuntansi keuangan. Khusus pengaruh variabel sistem internal terhadap kinerja sistem informasi akuntansi keuangan tidak signifikan.

Lanjutnya, dalam penelitian ini menghasilkan beberapa jalur baru atau penemuan baru yaitu : sistem ekstenal yang menyangkut perekambangan teknologi perangkat keras (hardwere) dan perangkat lunak (software) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem Politeknik Swasta Di Jawa Timur

Dalam disertasinya dosen ekonomi untag surabaya ini memberikan Saran untuk beberapa pihak, yaitu pertama untuk politeknik swasta di jawa timur : sebaiknya dalam organisasi pendidikan dibuat kode etik untuk mengatur etika dalam organisasi pendidikan, karena walaupun teknologi informasi sudah dijalankan dengan baik kalau etika kurang baik maka kualitas informasi keuangan dan kinerja maka akan kurang dan hendaknya membuat, melaksanakan kode etik yang berkaitan dengan proporsional, persetujuan berdasarkan informas, keadilan, dan meminimalkan resiko untuk mencapai kinerja sistem informasi akuntasni keuangan yang baik.

Kedua, untuk pengambil kebijakan : dalama hal ini Kopertis Wilayah VII atau pihak pemerintah yang terkait menginginkan kemajuan politeknik swasta di jawa timur maka bombing dan pembinaan lebih ditekankan pada etika dalam penggunaan teknologi informasi sehingga diharapkan kinerja sistem informasi akuntansi keuangan akan baik yang akan membawa kemandirian Politeknik Swasta di Jawa Timur dalam menyelenggarakan pendidikan vokasi yang mencetak tenaga yang profesioanal/trampil.

Dan terakhir untuk peneliti selanjutnya : Pengguanan variabel sistem ekternal diperluaskan tidak menyangkut perkembangan teknologi perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) saja akan tetapi diperluas menyangkut kebijakan pemerintah, pasar dan perangkat hukum. variabel etika dimasukan sebagai variabel moderating dalam mempengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi keuangan. Dan pengukuran tidak hanya pada kinerja sistem informasi akuntansi keuangan saja ditingkatkan pada pengukuran kinerja sistem informasi manajemen.

Login dengan Username dan password Siakad Anda