logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Dosen FISIP UNTAG Surabaya FGD Pengembangan Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi

 

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi selama dua hari bertempat di Hotel Grand Palace Malang, Rabu-Kamis (3-4/5/2017). Kegiatan yang dihadiri perwakilan dari 26 PTN/PTS se-Jawa Timur ini diselenggarakan oleh Dewan koperasi Indonesia Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Saat dikonfirmasi warta17agustus.com Dr. Rachmawati Novaria, MM salah satu peserta FGD yang juga merupakan dosen kewirausahaan FISIP UNTAG Surabaya mengatakan, FGD bertujuan untuk mempertajam konsep kewirausahaan berbasis koperasi, memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap kewirausahaan, mampu menjawab kebutuhan kewirausahaan, dan dapat menjadi referensi perkuliahan standar kewirausahaan.

“FGD lanjutan ini juga untuk mereview dan mengembangkan atas modul kewirausahaan berbasis koperasi yang telah diterbitkan sebelumnya,”  katanya, Jum’at (5/5).

Menurut Dr. Novaria, modul kewirausaahaan berbadis koperasi adalah salah satu upaya untuk memperkuat pembelajaran mata kuliah kewirausahaan perguruan tinggi. Sedangkan modul yang dikembangkan akan menjadi salah satu referensi utama mata kuliah kewirausahaan.

“Dari FGD ini dibutuhkan inputan dari para akademisi, adopkop, dan para praktisi. FGD dilaksanakan dua kali, yaitu tanggal 21-22 April 2017 dan lanjutannya kemarin tanggal 3-4 Mei 2017,” tambahnya.

Adapun materi yang dibahas selama FGD pada tanggal 21-22 April 2017, lanjut Dr. Novaria, adalah konsep dasar koperasi dan penerapannya dalam berwiausaha, organisasi koperasi, permodalan koperasi, usaha koperasi, dan tata kelola koperasi yang baik.

“konsep dasar kewirausahaan, menyusun rencana usaha, manajemen keuangan usaha, strategi bersaing dalam usaha, permberdayaan wirausaha melalui koperasi, adalah materi yang dibahas pada FGD lanjutan,” tutup Kepala Laboratorium Kewirausahaan itu. Selain Dr. Novaria, dua dosen FISIP UNTAG Surabaya yang mengikuti FGD Pengembangan Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi adalah Afifatur Rohimah, S.AB.,M.Ikom, dan Dra. Yuliar Kartika Wijayanti, MM.(K-Nan)






PDF WORD PPT TXT