Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Co Founder Sang Pisang Berbagi Pengalaman di Seminar Nasional Himanita

“Jangan pernah merasa kita ini mahasiswa yang ngga bisa. Selama ada kemauan, pasti ada jalan,” kata Ansari Kadir, Co-founder Sang Pisang dan CEO Ternakopi itu. Pada Seminar Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis (Himanita) UNTAG Surabaya Kamis (28/11) lalu, ia berbagi pengalamannya ketika jatuh bangun membangun usaha.

Pria yang kerap disapa Ari ini bercerita, sebelum mulai membangun usaha Sang Pisang, ia berkali-kali mengalami kegagalan. Saat dirinya bekerja di bidang sales dan marketing di sebuah perusahaan ternama, ia mencoba peruntungan dengan menjajal dunia wirausaha. “Awalnya bagus, saya sempat buka beberapa cabang. Namun karena nggak fokus, saya bangkrut karena ditipu. Akhirnya berhutang kemana-mana, menggangu kinerja dan berakhir di pecat,” kenang Ari. Dari pengalamannya itu ia berpesan agar mahasiswa yang melakukan wirausaha untuk tetap fokus menjalankan bisnisnya. “Harus selalu fokus,” tukasnya.

Meski kehabisan modal, Ari tidak putus asa. Ia kemudian beralih profesi menjadi seorang penjual pisang gerobak di pinggir jalan. Malangnya, gerobak jualannya dicuri orang. “Sudah kehabisan modal, eh gerobaknya dicuri,” tuturnya. Akhirnya, berbekal ilmu yang ia dapat saat berkuliah, Ari kemudian memutar otak membuat proposal bisnis. Ia kemudian menyebar proposal bisnisnya di sebuah komunitas bisnis digital.

“Disitu ada yang tertarik. Salah satunya mas Kaesang. Cuma waktu itu belum tau karena mas Kaesang pakai nama lain. Akhirnya baru tau saat ketemu pertama kali untuk membicarakan rencana bisnis,” terang Ari. Meski merupakan anak Pak Presiden, saat awal mula memulai usaha keduanya merintis dari nol. “Saya bareng dia itu dari tahun 2017, angkat-angkat pisang dari pasar juga. Bahkan ikut menggoreng pisangnya,” tutur Ari. Oleh karenanya, anggapan bahwa usaha mereka sukses karena embel-embel “Anak Presiden” ditepis langsung olehnya. Hingga saat ini, karyawan Sang Pisang telah berjumlah lebih dari 1.000 orang dengan 73 toko di seluruh Indonesia.

Dalam Seminar Nasional bertajuk “Set Up Your Mind to Be Businessman” itu, Himanita juga mengundang dua narasumber lainnya: Dedy S. Lase (General Manager Klik Market) dan Yudha Prasetya (CEO Giyomi.id). Dalam rangkaian Dies Natalis ini, Himanita juga melakukan pengabdian masyarakat bertema “Membangun Solidaritas untuk Kepedulian Sosial Melalui Bina Desa”. Kegiatan terlaksana di Desa Kedung Banjar, Dusun Kedung Banjar, Kecamatan Sambeng, Lamongan. (ua)

Login dengan Username dan password Siakad Anda