logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Ciptakan Puisi Rumah Ilmu, Gaby Jadi Juara Tingkat Nasional

Kecintaan pada puisi membawa Gabriel Aditya Putri kembali menorehkan prestasi gemilang untuk Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Mahasiswi Fakultas Psikologi ini berhasil menjadi Juara Pertama dalam Lomba Cipta Puisi bertema ‘Pendidikan’ yang diselenggarakan oleh penerbit Bintang Karya Seni. Dalam kompetisi tingkat nasional tersebut, mahasiswa yang akrab disapa Gaby ini berhasil menyisihkan 110 peserta lainnya dari seluruh penjuru Indonesia.

Puisi berjudul ‘Rumah Ilmu’ membawa Gaby keluar sebagai juara nasional. “Judulnya Rumah Ilmu, jadi merangkum segala hal pertama dapat dipelajari di sekolah. Saya buat dalam satu hari,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon. Dia merasa bangga bisa membawa gelar juara untuk Untag Surabaya. “Senang, tidak hanya membanggakan diri sendiri dan orang tua tetapi juga almamater,” ungkapnya.

Mahasiswi semester lima ini memang sering mencari informasi lomba. “Saya banyak cari di Instagram. Karena lomba ini diadakan secara online, jadi saya ikutan,” tuturnya. Gaby mengaku tak menyangka bisa menang, apalagi di tengah kesibukannya. “Tidak menyangka, saya hanya suka akan kreativitas. Apalagi saya sedang ikut program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Padang,” ujarnya.

Gaby menyebutkan bahwa persiapan yang dilakukan cukup penting. “Saya perlu mempersiapkan mental. Saya juga membaca membaca puisi-puisi lainnya sebagai inspirasi,” sebutnya. Tak hanya kendala waktu, dirinya pun sempat mengalami kendala teknis. “Saya hampir kehilangan file puisi karena laptop rusak, beruntung tidak sampai hilang. Jadi bisa saya kumpulkan secara online untuk kemudian dinilai,” imbuhnya.

Anak sulung dari dua bersaudara ini termotivasi untuk meraih prestasi. “Saya akan terus mencari dan mengikuti lomba agar bisa banyak belajar dan meningkatkan kompetitif,” jelasnya. Gaby berharap, prestasinya bisa menginspirasi mahasiswa Untag Surabaya lainnya. “Harapan untuk diri supaya tidak lelah dan untuk teman-teman jangan takut memulai hal baru. Percaya dengan kemampuan diri sendiri akan menghasilkan buah,” tutupnya. (um/rz)



PDF WORD PPT TXT