logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

C&CC BKA Gelar Talk Show Career Inspiration Days

Menjawab tantangan dan persaingan dalam dunia kerja dan industri yang kian dinamis, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus berupaya menyiapkan para lulusan yang kompeten. Sabtu, (26/6) Bagian Counselling & Career Center Biro Kemahasiswaan dan Alumni bagian Biro Kemahasiswaan dan Alumni (C&CC BKA) menggelar Talk Show Career Inspiration Days. Tak kurang dari 350 mahasiswa dari lintas prodi hadir sebagai peserta. Talk show yang digelar secara virtual tersebut dibuka langsung oleh Kepala BKA Untag Surabaya - Eddy Wahyudi, S.H., M.Si.

Dalam sambutannya, Eddy menekankan pentingnya mempersiapkan karir sejak masih menjadi mahasiswa, “Dengan demikian, ketika lulus sudah siap dengan kompetensi yang dimiliki dan lebih mudah terserap di dunia kerja.” Talk Show Career Inspiration Days menghadirkan narasumber dengan latar belakang berbeda. “Harapannya peserta bisa belajar banyak, jadi ada gambaran setelah lulus mau jadi apa,” kata Eddy. Dia pun berharap, “Karena dikemas bicang-bincang, jadi tidak terlalu formal. Peserta bisa sharing.”

Dr. Siswanto, MM. yang tampil sebagai pemateri pertama mengatakan, “Ketika mau maju, kita terkendala oleh mindset. Semua pengen sukses tapi terkendala dengan rasa takut dan gak percaya diri.” Menurutnya, dengan aksi nyata maka setiap kegagalan dapat diatasi. “Gagal sudah biasa, gak usah takut.Saya justru bangkit, kegagalan itu guru yang sangat berharga.” Siswanto yang sukses menjadi pengusaha ini menambahkan pentingnya rasa syukur, “Dengan bersyukur saya tambah semangat, bisa lihat matahari yang cerah. Dalam usaha, kita juga harus total jangan setengah-setengah.”

Senada dengan Siswanto, pemateri kedua, Alda Maharanti Aradista, S.Psi. juga memotivasi para peserta agar senantiasa percaya pada kemampuan diri, “Lulusan swasta gak terkenal, jangan insecure dan overthinking. Dari 20 pelamar dari PTN, aku yang diberikan kesempatan dan posisi di Ruang Guru.” Kepada para peserta, dirinya juga berpesan agar memperluas relasi, “Harus banyak berteman dengan orang luar. Dulu aku ikut organisasi dalam dan eksternal kampus.” Persiapan, kata Alda, juga penting, “Semester 6 harus mulai cari perusahaan impian, jadi kita bisa persiapan.” (um)

 



PDF WORD PPT TXT