logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Borong Lima Juara Sekaligus, Mahasiswa Prestasi Fakultas Hukum Untag Surabaya Dapat Beasiswa

Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum kembali mengharumkan nama Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Catur Christian Putra memborong lima juara sekaligus pada cabang olahraga panahan Kejuaraan Piala Bupati Sidoarjo, (6/8/2023).

Catur, mahasiswa berprestasi yang berhasil meraih beasiswa berkat prestasinya dalam cabang olahraga panahan sejak dia masih bersekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Meskipun awalnya panahan bukanlah hobinya, namun Catur memutuskan untuk mengejar prestasi ini sebagai jalan tengah untuk memenuhi harapan orang tuanya yang juga aktif di dunia panahan.

Catur membagikan pengalaman bahwa pada awalnya, ia merasa rendah diri dan tsayat untuk bersaing karena kurangnya keterampilan. Namun, saat ia mengikuti perlombaan tim di Sekolah Dasar (SD), ia berhasil masuk ke dalam tim panahan. "Saat awal terlibat dalam panahan, saya merasa down dan tsayat kalah karena belum mahir. Tetapi, melihat teman-teman berhasil meraih kemenangan berkat latihan rutin, saya merasa termotivasi untuk tidak ingin kalah. Saya ingin meraih kemenangan, jadi ketsayatan saya berubah menjadi motivasi untuk berlatih dengan tekun. Saya merasa malu karena sempat ingin menyerah, sehingga saya memutuskan untuk berlatih dengan lebih giat," ungkap Catur.

Catur masih tidak menyangka bahwa dia berhasil memborong lima juara sekaligus, dia juara 1 Nomor Target 5 Sesi 1 Divisi Compound Umur dibawah 23 tahun, Juara 2 Divisi Compound Umur dibawah 23 Tahun Putra Individu, Juara 2 Divisi Compound Umum Mix, Juara 2 Divisi Compound Umur dibawah 23 Tahun Putra Beregu, Juara 3 Sesi 1 Divisi Compound Umur dibawah 23 Tahun Putra Individu. “Satu minggu latihan ternyata kurang maksimal, akhirnya baru bisa menang lima juara sekaligus. Kalau berlatih lebih lama dan serius, saya yakin bisa lebih dari ini,” tuturnya.

Catur memiliki dorongan yang kuat untuk mencapai prestasi juara. Catur mengubah kekalahannya pada ajang-ajang sebelumnya menjadi motivasi dan batu loncatan untuk meraih langkah yang lebih besar. "Meskipun awalnya panahan bukan hobi, namun saya menikmatinya. Setiap kekalahan sebelumnya, saya jadikan sebagai semangat untuk mencapai tujuan. Tidak ada lagi kata menyerah dalam panahan," paparnya.

Catur juga mengungkapkan rasa syukurnya menjadi mahasiswa di Untag Surabaya. Dia merasa sangat dihargai atas semua prestasinya dalam cabang olahraga panahan. "Bagi saya, Untag Surabaya sangat istimewa, apresiasi terhadap prestasi saya sungguh luar biasa. Saya juga mendapatkan beasiswa penuh berkat sertifikat yang saya peroleh. Awalnya, saya berpikir hanya medali emas atau perak yang dihargai, namun Untag Surabaya membuktikan sebaliknya. Meski hanya selembar kertas sertifikat, apresiasinya sungguh mengagumkan," jelasnya.

Terakhir, Catur mengakhiri ceritanya dengan ungkapan terima kasih yang tak terhingga kepada Untag dan keluarganya yang selalu mendukungnya untuk terus meraih prestasi dalam cabang olahraga panahan. (ma/rz)



PDF WORD PPT TXT