Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

Berjalan Sesuai Protokol Kesehatan, Ujian Terbuka DIE Lancar

Untag Surabaya Kembali menggelar Ujian Terbuka Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Ujian yang bertempat di Gedung Graha Wiyata lantai 9 itu berlangsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Baik promovendus, tim penguji hingga tamu undangan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) face shield dan masker.

Pada Ujian Terbuka kali ini, Rabu (17/6), mengantarkan Echwan Siswadi berhasil meraih gelar Doktor bidang Ilmu Ekonomi, dengan lengkap Dr. H. Echwan Siswadi, SE.,MM. Ia mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul “Determinan Kepuasan dan Words of Mouth yang Dimoderasi Oleh Status Dalam Keluarga Jamaah Umroh Ikhwan Berkah Sejahtera Surabaya” di depan tim penguji.

Dalam disertasinya, Wakil Ketua DPD Apmhuri Jatim itu mengungkapkan kepuasan konsumen ditentukan oleh kualitas layanan (dan produk yang menyertainya), sehingga jaminan kualitas menjadi priotitas utama bagi sebuah biro layanan umroh. Untuk kepuasan jamaah umroh terhadap layanan, ada dua hal pokok yang saling berkaitan erat yaitu harapan jamaah umroh terhadap kualitas layanan (expected quality) dan persepsi jamaah umroh terhadap kualitas layanan (perceived quality). “Kepuasan jamaah umroh akan disertai dengan loyalitas jamaah umroh,” jelasnya.

“Penelitian ini menguji adanya pengaruh tidak langsung kepercayaan terhadap word of mouth melalui kepuasan. Hal ini menjadi salah satu hal baru (novelty) pada penelitian ini,” urainya. Sementara itu, dari beberapa hasil penelitian sebelumnya, belum ada penelitian yang menghubungkan status pada keluarga terhadap kepuasan maupun word of mouth, khususnya penelitian pada biro perjalanan wisata ibadah Umroh dan Haji. Penggunaan status pada keluarga sebagai salah satu variabel moderator yang akan memoderasi hubungan kepuasan dengan word of mouth juga menjadi temuan dalam penelitiannya.

Dari hasil penelitiannya, Echwan menemukan strategi harga, kepercayaan, kualitas pelayanan, dan status keluarga berpengaruh signifikan terhadap konsumen. “Status pada keluarga memoderasi signifikan hubungan kepuasan terhadap words of mouth konsumen,” papar Pengasuh Ponpes Ikhwan Al-Haramain itu. Ia menyimpulkan bahwa status pada keluarga yang terdiri dari decider, preparer dan disposers, jika dilaksanakan dengan baik dan selalu ditingkatkan akan meningkatkan hubungan kepuasan dengan words of mouth konsumen. (ua/ze)

Login dengan Username dan password Siakad Anda