logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Atasi Distress Mahasiswa, BKA Untag Surabaya Adakan Workshop Pembekalan Dosen Pembimbing Akademik

Sebagai tindak lanjut terhadap hasil survei yang dilakukan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya adakan seminar atau workshop dengan judul ‘Pembekalan Dosen Pembimbing Akademik dalam Memberikan Pendampingan Psikologis bagi Mahasiswa’ di Meeting Room lantai dua Gedung Prof. Roeslan Abdulgani Untag Surabaya, (24/1).

Berdasarkan data survei tersebut, dari 3146 responden yang diambil, hanya 416 atau sekitar 16% yang tidak mengalami distress. Sementara itu, sekitar 33% sisanya mengalami tingkat distress yang bervariasi dari sedang hingga berat. Menyadari kondisi yang serius ini, BKA mengundang 80 dosen yang merupakan Dosen Pembimbing Akademik dan Ketua Program Studi dari seluruh fakultas di Untag Surabaya sebagai upaya untuk menyoroti dan memberikan perhatian kepada kesehatan mental mahasiswa.

Turut hadir secara langsung Wakil Rektor I – Harjo Seputro, S.T., M.T. yang menyoroti seriusnya masalah akademik menjadi pemicu utama distress, bahkan menyebabkan beberapa mahasiswa ingin mengakhiri hidup. Dalam sambutannya, ia mendorong Dosen Pembimbing Akademik dan Ketua Program Studi untuk turut serta dalam penanganan masalah ini. "Dalam situasi yang seperti ini, Untag tidak bisa tinggal diam. Masalah akademik terbukti menjadi salah satu pemicu utama tingkat distress di kalangan mahasiswa, bahkan menyebabkan beberapa di antaranya berpikir untuk mengakhiri hidup atau melakukan tindakan merugikan pada diri sendiri. Kami sangat prihatin, dan kami berharap bahwa para Dosen Pembimbing Akademik dan Ketua Program Studi yang hadir hari ini dapat menjadi mitra kami dalam menangani persoalan ini," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BKA Untag Surabaya – Febby Rahmatullah Masruchin, S.T., M.T., menyampaikan bahwa kedepannya, kegiatan ini akan dijadikan sebagai agenda rutin. “Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya internal yang akan diadakan secara rutin setiap tahunnya untuk memperkuat peran Dosen Pembimbing Akademik dalam memberikan pendampingan psikologis kepada mahasiswa,” jelasnya.

Sementara itu, sebagai narasumber – Dr. Dewi Retno Suminar M.Si., Psikolog. yang berprofesi sebagai Psikolog, menekankan pentingnya kreativitas dosen pembimbing akademik dalam memahami perubahan suasana hati mahasiswa yang sedang mengalami transisi dari masa remaja ke dewasa. Dr. Dewi menyatakan bahwa mahasiswa membutuhkan perhatian ekstra, terutama karena mereka rentan mengalami distress, baik dalam konteks akademik maupun personal. "Mahasiswa, atau pada tingkat yang lebih umum, manusia yang sedang mengalami transisi dari masa remaja ke dewasa, membutuhkan perhatian lebih dalam pemahaman dan pendampingan. Terutama karena mereka cenderung rentan mengalami distress, baik dalam hal masalah akademik maupun masalah pribadi seperti keluarga, hubungan sosial, masalah ekonomi, dan sebagainya," ujarnya. (ma/rz)



PDF WORD PPT TXT