logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

Asah Kemampuan Menulis, Fakultas Psikologi Untag Surabaya Gelar Workshop Bertajuk Essay is Easy

Dalam upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah maupun karya non-ilmiah, Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menggandeng Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Psikologi Untag Surabaya untuk menyelenggarakan Workshop yang bertajuk ‘Essay is Easy’. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Q210 Gedung Graha Prof. Dr. H. Roeslan Abdulgani lantai dua Untag Surabaya ini menghadirkan penulis profesional yang juga merupakan Alumni Fakultas Psikologi Untag Surabaya – Sinta Yudisia, M.Psi. Psikolog sebagai Narasumber, (27/3).

Turut hadir memberi sambutan secara langsung, Dekan Fakultas Psikologi Untag Surabaya – Dr. Rr. Amanda Pasca Rini, M.Si. Psikolog. mengatakan bahwa peran dari mahasiswa juga sangat penting dalam meningkatkan akreditasi Fakultas, salah satunya melalui partisipasi dalam kompetisi menulis esai. "Bukan hanya dosen saja yang memiliki peran, tetapi mahasiswa juga berperan penting dalam meningkatkan akreditasi Fakultas Psikologi Untag Surabaya melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM Psikologi Untag Surabaya, seperti olimpiade dan lomba. Salah satu inisiatifnya adalah melalui kompetisi menulis esai yang dapat dipersiapkan melalui kegiatan ini," ucapnya.

Selain itu, Dr. Amanda juga berharap mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat segera bergerak untuk meraih prestasi hingga pada tingkat internasional dan Fakultas Psikologi Untag Surabaya akan memberi dukungan dan fasilitas secara penuh. “Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap para peserta dapat memiliki gambaran untuk menulis tentang apapun. Lebih baik lagi jika mereka mulai mencari informasi tentang berbagai kompetisi yang tersedia. Fakultas Psikologi bersedia untuk memberikan dukungan hingga ajang kompetisi internasional,” imbuhnya.

Melalui pemaparan materi yang disampaikan, Sinta menjelaskan bahwa berlatih membaca bisa dimulai dengan membaca karya cerita pendek atau tulisan di platform digital. "Walaupun kalian hanya suka membaca cerita pendek atau tulisan seperti di Wattpad, nantinya kalian akan terbiasa membaca karya literasi yang lain. Sehingga ketika menyusun skripsi, kalian juga akan lebih mudah untuk membaca jurnal ilmiah," terangnya.

Tidak hanya itu, Sinta juga membagikan trik untuk membuat pembaca tertarik membaca karya yang ditulis oleh mahasiswa, yaitu dengan menyusun tiga kalimat pertama menjadi menarik. "Ketika menulis sebuah esai, kita perlu berlatih membuat tiga kalimat pertama menjadi menarik. Karena jika audiens membaca awal paragraf dari esai kita, mereka akan tertarik untuk membaca tulisan kita hingga selesai," ungkapnya. (vs/rz)



PDF WORD PPT TXT
Butuh bantuan?