logo-untag-surabaya

Developed By Direktorat Sistem Informasi YPTA 1945 Surabaya

logo-untag-surabaya
logo-untag-surabaya

Detail Berita

24 Mahasiswa Untag Surabaya Raih Hibah BARISTA

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus mendorong kualitas riset dosen dan mahasiswa. Terbukti sebanyak 24 mahasiswa program S1 dan S2 meraih Hibah Bantuan Riset Talenta Riset dan Inovasi (BARISTA). Program ini diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) guna mendukung talenta riset dan inovasi mahasiswa Indonesia. Hal ini dikonfirmasi oleh Rektor Untag Surabaya - Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA. saat ditemui pada Senin, (24/10).

Ungkapan syukur dan bangga disampaikan oleh Prof. Nugroho. “Kami mengapresiasi dan bangga, tapi tentu tidak berpuas diri. Harapannya setiap tahun jumlahnya semakin meningkat jumlah prestasi yang diraih,” katanya. Prof. Nugroho menambahkan bahwa capaian ini senada dengan upaya mendukung riset universitas. “Concern kami adalah outcome berupa jurnal riset. Apalagi kita sempat menduduki peringkat atas untuk capaian SINTA perguruan tinggi swasta di Jawa Timur,” tambahnya.

Menurut Prof. Nugroho capaian tersebut masih perlu ditingkatkan. “Kami harus menambah kuota, dan kami akan bekerja sama dengan BRIN untuk memfasilitasi riset mahasiswa, dengan begitu untuk kedepan seluruh program studi diharapkan bisa mendapatkan hibah tersebut,” ujar Guru Besar Akuntansi ini.

Ditemui di tempat terpisah, Wakil Rektor I Untag Surabaya - Harjo Seputro, S.T., M.T. menyebutkan bahwa riset mahasiswa diselaraskan dengan roadmap yang ada. “Untuk mahasiswa diselaraskan dengan roadmap prodi. Untuk prodi diselaraskan dengan roadmap universitas, dan tentunya roadmap universitas senada dengan Rencana Induk Riset Nasional,” sebutnya. Harjo melanjutkan bahwa riset mahasiswa merupakan kolaborasi dengan dosen. “Jadi riset mahasiswa ini merupakan bagian dari riset dosen,” lanjutnya.

Harjo menyebutkan bahwa untuk meraih hibah tersebut, mahasiswa perlu mengikuti beberapa seleksi yang telah di tetapkan. “Mahasiswa secara mandiri apply ke BRIN dengan mengirimkan proposal penelitian dan melampirkan persyaratan untuk seleksi administrasi,” sebutnya. Tak hanya bantuan dana riset, mahasiswa terpilih menerima bantuan uang kuliah. “Jadi mereka juga mendapat bantuan UKT selama maksimal dua semester,” imbuh Harjo.

Senada dengan surat yang ditandatangani Direktur Manajemen Talenta BRIN, Hibah BARISTA memberikan bantuan riset inovasi mahasiswa tingkat akhir serta bantuan untuk penyelesaian, skripsi, tesis, dan disertasi. Adapun bantuan UKT bagi mahasiswa S1 maksimal diberikan pada semester delapan, mahasiswa S2 maksimal diberikan pada semester lima dan mahasiswa S3 maksimal diberikan pada semester delapan. (um/rz)



PDF WORD PPT TXT