Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

200 Dosen Untag Surabaya Ikuti Pelatihan SISTER

Untag News - Sebanyak 200 lebih dosen dari lintas fakultas dan program studi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ikuti pelatihan SISTER yang diadakan oleh Biro Akademik. SISTER merupakan amanah dari Menristekdikti yang tercantum dalam Surat Edaran Kemenristekdikti Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 649/D1. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor 1-Dr. Ir. Muaffaq A. Jani, M.Eng. saat membuka pelatihan pada Selasa, (30/4) di Gedung Graha Wiyata lantai 9. Dia mengatakan, “Dengan diberlakukannya SISTER yang meliputi tenaga dosen agar data dosen bisa terintegrasi di Kemenristekdikti. Karenanya melalui pelatihan ini akan diberikan arahan dan pendampingan untuk melakukan update data pribadi. Sehingga data di Kemenristekdikti adalah yang terbaru.”

Tampil sebagai pemateri dalam pelatihan, Supangat, SE., S.Kom., M.Kom., Direktur Sistem Informasi Yayasan Perguruan 17 Agustus (YPTA) Surabaya. Menurutnya yang harus segera dilakukan oleh para dosen adalah update data diri terbaru dan melakukan verifikasi, “Ini menjadi penting untuk pengurusan jabatan yaitu dalam Program Penilaian Angka Kredit Dosen dan Tendik, Sertifikasi Dosen, serta Beban Kerja Dosen.” Supangat menerangkan, setelah data terisi dan ter-update itu akan dilakukan verifikasi dan validasi oleh admin universitas. Dia menambahkan harus ada sinkronisasi data, “Misal mata kuliah yang diampu harus diunggah ke SISTER Ristekdikti, nanti akan tersinkronisasi dengan data universitas.”

Rini Setyowati, S.Kom., M.Kom. menjelaskan bahwa SISTER bertujuan untuk mengakomodasi perguruan tinggi termasuk UNTAG Surabaya, khususnya Dosen untuk melengkapi secara langsung data dasar yang ada di PD-Dikti dalam bentuk portofolio yang terkait dengan aktivitas penelitian, publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat serta aktivitas lainnya. “Setiap dosen memiliki berbagai informasi terkait dengan aktivitas tridarma. Hal ini dituangkan dalam bentuk portofolio,” kata Rini. Selanjutnya portofolio tersebut dapat digunakan untuk berbagai bisnis proses pengembangan karir dosen. Hal ini mengingat, data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. (um/aep)

Login dengan Username dan password Siakad Anda