Developed Direktorat Sistem Informasi

Hubungi Kami di 031-5931800

Detail Berita

2 Dosen UiTM menjadi Dosen Tamu di FEB UNTAG Surabaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya terus berupaya untuk melakukan internasionalisasi guna mendukung Kampus Merah Putih menuju World Class University. Setelah sebelumnya mengirimkan 2 dosen untuk mengajar di Universiti Teknologi Mara (UiTM), kali ini FEB UNTAG menerima 2 dosen Faculty of Business and Management UiTM. Pertukaran dosen pada 4-15 November 2019. Sebut saja Associate Professor Dr. Maimunah Mohd Shah dan Dr. Rohani Mohd yang berkesempatan menjadi dosen tamu di program studi Magister Manajemen.

Dr. Maimunah berkesempatan mengajar mata kuliah Analisis Data menggunakan SPSS dan Perilaku Organisasi di prodi Manajemen baik jenjang sarjana maupun magister. Sementara Dr. Rohani mengisi mata kuliah Metode Penelitian untuk jenjang magister dan Perilaku Organisasi untuk jenjang sarjana. Dr. Maimunah menuturkan, “Kami juga melakukan sharing dengan dosen-dosen UNTAG Surabaya tentang cara melakukan publikasi di Scopus dan presentasi data menggunakan SPSS. Kami senang bahwa banyak dosen dari berbagai fakultas berpartisipasi dalam workshop 4 jam ini.”

Saat ditanya tentang perbedaan mahasiswa di Malayasia dan Surabaya, Dr. Rohani memaparkan tidak ada yang spesifik “Mereka cukup sama dalam perilaku, apalagi tidak bisa meninggalkan handphone. Di kelas mereka sangat penuh perhatian dan partisipatif.” Selama menghabiskan dua minggu di Surabaya sangat membantu dirinya untuk mengetahui dan belajar lebih baik budaya kerja orang Surabaya,  “Kami mengamati di UNTAG Surabaya, para siswa terlihat di mana-mana di halaman universitas melakukan diskusi atau hanya beristirahat. Menarik untuk dicatat bahwa di sini setiap dosen, karyawan maupun mahasiswa mengenal satu sama lain dengan baik.”

Kedua dosen ini mengaku bahwa pertukaran dosen ini merupakan kolaborasi internasional yang baik karena dapat memberikan peluang untuk berbagi pengetahuan dengan mahasiswa dan tenaga pengajar di kedua universitas. “Salah satunya saat saya ikut acara No Straw Campaign, ini adalah acara yang baik untuk mendidik semua mahasiswa dan tenaga kependidikan di UNTAG Surabaya agar sadar lingkungan,” tutur Dr. Maimunah. “Kesimpulannya, program pertukaran ini memberi peluang agar terus bekerjasama dalam aktivitas akademik dan penelitian. Harapannya bisa terus dilaksanakan,” tutupnya. (um/ze)

Login dengan Username dan password Siakad Anda