Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

MAHASISWA KKN DESA WIYORO KREASIKAN PELEPAH PISANG JADI KERIPIK


Senin, 12 Februari 2018 - 12:15:07 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 54 kali


Kelompok KKN Reguler UNTAG Surabaya Semester Gasal 2017/2018 Desa Wiyoro, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan kreasikan pelepah daun pisang menjadi keripik.Sebelumnya, mahasiswa KKN UNTAG Surabaya melakukan survei ke Desa Wiyoro danmenemukan bahwa pelepah pisang yang ada di sana tidak dimanfaatkan dan menjadi sampah organik saja. Pelepah pisang memang merupakan bagian yang sering diabaikan banyak orang. “Untuk itu kami bermaksud membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang murah,” terang Jumari, ketua kelompok KKN Desa Wiyoro.
Setelah dilakukan hasil uji di laboratorium Teknologi Industri Pertanian Politeknik 17 Agustus 1945 Surabaya, pelepah pisang diketahui memiliki kandungan protein dan karbohidrat sehingga pelepah pisang ini baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. “Saat kami adakan penyuluhan dan demo masak, warga desa Wiyoro terlihat antusias. Rupanya mereka baru saja mengetahui bahwa pelepah pisang bisa diberdayakan menjadi keripik,” jelas mahasiswa Teknik Informatika tersebut.

Selain itu, keripik pelepah pisang memiliki peluang besar untuk memajukan usaha dan perekonomian masyarakat desa Wiyoro melihat belum adanya persaingan didalam bidang usaha ini. “Untuk keberlanjutan program ini semoga bisa dibentuk UMKM Desa Wiyoro untuk membuat olahan pelepah daun pisang agar lebih bernilai jual,” tutupnya. (ua)



Terkait


1 Komentar :


  • sebuah kreasi yang sangat ivonatif. teruskan dan semoga sukses

Isi Komentar :