Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Program Beasiswa

KERINGANAN DPP MAHASISWA PROGRAM S1

 


Sebagai wujud kepedulian terhadap keberlangsungan pendidikan generasi penerus Bangsa, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menyediakan berbagai beasiswa yang bersumber dari pemerintah dan universitas, antara lain :


 

Beasiswa BBP-PPA (Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik)

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler.

Untuk memudahkan para mahasiswa calon penerima beasiswa, dan yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menerbitkan pedoman yang bisa di unduh pada link di bawah ini :

 

Pedoman Beasiswa & Bantuan Biaya Pendidikan PPA 2014

 


 

 Beasiswa Alumni


Berupa pemberian keringanan biaya pendidikan bagi alumni Untag Surabaya yang melanjutkan studi ke program magister (S2) dan program doktor (S3) di lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. 

 


Besiswa Bidik Misi

Berupa bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik, baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Program ini diselenggarakan sejak tahun 2010.

Latar belakang

Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 semester untuk program Diploma III. Beasiswa ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi, baik uang pangkal maupun SPP per bulan. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa juga menerima uang saku untuk biaya kuliahnya yang akan diterimanya setiap 6 bulan sekali.

Tujuan diselenggarakannya Beasiswa Bidikmisi adalah untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik, memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma atau Sarjana sampai selesai dan tepat waktu, meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler, menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetif, dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Sedangkan sasaran program Bidikmisi adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang baik.