Selasa, 20 - 11 - 2018
08:12:30
TES BEASISWA JENJANG GAKUBU, KOSEN DAN SENSHU DI UNTAG SURABAYA

Diposting oleh : Admin | Kamis, 12 Juli 2018 - 11:41:52 WIB | Dibaca: 456 kali

Setelah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seleksi Beasiswa Monbukagakusho wilayah Jawa Timur untuk jenjang Studi Doktoral, UNTAG Surabaya kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan seleksi beasiswa dari Pemerintah Jepang. Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) Pemerintah Jepang, menawarkan beasiswa bagi siswa-siswi Indonesia lulusan SMA, SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan di Jepang. Dalam hal ini, UNTAG Surabaya dipercaya untuk menjadi tempat penyelenggaraan seleksi 3 jenjang beasiswa sekaligus yaitu jenjang Undergraduate/ Gakubu, College of Technology/ Kosen, dan Specialized Training College/ Senshu (D-2).

Seleksi Beasiswa ini dilakukan di Gedung Graha Wiyata lantai 9 UNTAG Surabaya ini diawasi oleh Konsul Muda bidang Pendidikan, Keigo Kashiwabara dan Konsul Muda bidang Kebudayaan, Takahiro Yazawa. Kegiatan ini yang dilakukan selama tiga hari mulai dari Selasa, (3/7) sampai dengan hari Kamis, (5/7). Untuk jenjang Undergraduate/ Gakubu, peserta yang hadir sejumlah 52 orang dan untuk jenjang College of Technology/ Kosen, dihadiri oleh 24 peserta. Sedangkan untuk jenjang Specialized Training College/ Senshu dihadiri oleh 31 peserta.

Pada kesempatan sebelumnya, seleksi beasiswa Monbukagakusho untuk wilayah Jawa Timur dilaksanakan diberbagai tempat. Namun, Takahiro Yazawa menyampaikan “Mulai dari tahun ini, penyelenggaraan tes akan selalu dengan UNTAG,”. Hal ini merupakan bentuk dari kerjasama UNTAG Surabaya dengan Konsulat Jenderal Jepang. “Sebelumnya kita sudah kerjasama dengan UNTAG berwujud acara speech contest dan masih banyak lagi. Sedangkan kali ini tujuannya untuk mempererat hubungan kerjasama antara Konsulat Jenderal Jepang dengan UNTAG Surabaya,” imbuhnya.

Dengan adanya seleksi beasiswa Monbukagakusho ini, Dra. Endang Poerbowati, M.Pd., selaku Kaprodi Sastra Jepang berharap acara ini mampu memotivasi Mahasiswa UNTAG Surabaya untuk melanjutkan kuliah di Jepang. “Acara seperti ini juga mampu menjadi media promosi kepada peserta yang notabene baru lulus dari SMA maupun SMK untuk mengenal UNTAG Surabaya,” harap Dra. Endang. (Ua)

A A A
Menu Lainnya