Selasa, 21 - 11 - 2017
07:36:37
DARI SEMINAR NASIONAL TECHNOLOGY & ENTERPRENEUR HIMAMETA: SAATNYA MEMIKIRKAN SUMBER ENERGI ALTERNATIF UNTUK MASA DEPAN

Diposting oleh : Admin | Rabu, 15 November 2017 - 08:16:07 WIB | Dibaca: 57 kali

Himpunan Mahasiswa Mesin Untag Surabaya (HIMAMETA) menyelenggarakan seminar nasional dengan  tema “Kemandirian Teknologi Untuk Negeri”. Seminar yang  merupakan rangkaian acara dari dies natalis ke-32 HIMAMETA  ini, menghadirkan tiga narasumber: Prof. Dr.(H.C) Dahlan Iskan mantan CEO Jawa Pos dan Jawa Pos Group, Dr. Wahyu Bambang, M.Eng dari Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) serta Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur yang diwakilkan oleh Ir. Kismari Widyaningsih.

Bertempat di Gedung Graha Wiyata Lt. 9, seminar dibuka dengan tarian sorote lintang yang dibawakan oleh UKM TARI UNTAG Surabaya. Rektor Untag Surabaya Dr. Mulyanto Nugroho, MM. CMA. CPAI dalam sambutan pembukaannya dengan bangga menyampaikan inovasi teknologi dari Untag Surabaya, mobil listrik karya mahasiswa Fakultas Teknik Mesin saat ini sedang dalam proses pengembangan untuk digunakan sebagai kendaraan operasional di Kebun Binatang Surabaya. Dahlan Iskan yang juga mantan menteri BUMN, dalam sesi presentasinya kemudian mengapresiasi kontribusi UNTAG Surabaya yang saat ini telah menduduki peringkat 64 besar PTN/PTS se-Indonesia. Menurutnya, jumlah rasio mahasiswa Fakultas Teknik yang dominan di Untag Surabaya merupakan potensi besar untuk membangun masyarakat Indonesia yang lebih rasional.

Lebih jauh,  Dahlan Iskan yang mendapatkan gelar profesor dan doktor dari Universitas Perlis Malaysia inimenyampaikan,  tantangan terbesar generasi muda Indonesia saat ini adalah makin menipisnya cadangan sumber energi. Diperkirakan 15 tahun ke depan Indonesia akan kehabisan batu bara. Sumber energi  apa yang bisa menggantikan energi fosil, itulah yang harus dipikirkan sejak sekarang, “Setidaknya dalam 3 tahun kedepan sudah ada keputusan tentang sumber energi apa yang kita andalkan setelah batu bara habis. Jangan sampai terlambat,” ungkap Dahlan.

Widi Surya Priaranta - Ketua Pelaksana seminar berharap seminar ini memperluas wawasan mahasiswa teknik mesin  sebagai agent of change dalam bidang teknologi dan terinspirasi  serta  untuk membuat inovasi teknologi-teknologi baru yang berasal dari sumber daya alam yang dapat didaur ulang. Selain seminar nasional, Dies Natalis HIMAMETA juga diisi dengan serangkaian kegiatan lain,  yaitu penanaman pohon, lomba futsal, donor darah, servis motor gratis, modification contest, freestyle motorcycle, serta samsat goes to campus. (ad)

A A A
Menu Lainnya