Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Imam Mazani Membuat Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Ilmu Fiqih Safinah An-Najah Berbasis Android


Rabu, 02 September 2015 - 10:18:22 WIB

Diposting oleh : Eddy Wahyudi
Kategori: Hasil Karya - Dibaca: 66 kali


Imam Mazani mahasiswa jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik UNTAG Surabaya membuat Rancang Bangun Aplikasi Ensiklopedia Ilmu Fiqih Safinah An-Najah Berbasis Android. Tujuan Imam membuat aplikasi ini agar dapat membantu pengajar dalam memberikan materi ilmu fiqih di Sekolah-sekolah, sehingga lebih mudah dalam pembelajaran maupun dalam mempraktekan dengan dicantumkan simulasi tiap materi di dalamnya.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi memacu meningkatnya inovasi pada platform mobile. Berbagai sistem operasi mobile telah dirilis, sebut saja android yang saat ini menarik perhatian pasar teknologi. Dengan sifatnya yang open source dan dilengkapi berbagai tools untuk membangun aplikasi, menjadikan android sebagai pilihan yang tepat bagi para developer. Beragam aplikasi free content yang up  to date telah dibangun untuk memenuhi kebutuhan para pengguna android. Keberagaman aplikasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar masyarakat untuk menjadi pengguna android,” kata mahasiswa yang diwisuda tanggal 29 Agustus 2015 kemarin itu.

Pria kelahiran Madura ini melihat situasi masyarakat yang masih awam dalam memahami ilmu fiqih karena pembelajaran ilmu fiqih yang cenderung hanya diperoleh di sekolah-sekolah agama Islam dan beberapa kajian kerohanian, maka diperlukan sebuah media pembelajaran fiqih yang dapat dipahami dan diakses secara luas oleh masyarakat. “ Saat ini setidaknya ribuan kitab dan buku fiqih telah tersedia sebagai media pembelajaran, namun hanya sedikit orang yang meluangkan waktu untuk mempelajari kitab dan buku fiqih tersebut disela-sela kesibukannya,” jelas Imam kepada warta17agustus.com, Selasa (1/9/2015).

“ Aktivitas masyarakat yang semakin padat dan membutuhkan mobilitas tinggi menuntut kebutuhan akan media pembelajaran ilmu fiqih yang lebih praktis, dalam hal ini media pembelajaran yang dimaksud adalah berbasis mobile,” ucapnya.

Imam menuturkan jika aplikasi ensiklopedia ilmu fiqih safinah an-najah berbasis android merupakan media pembelajaran fiqih ibadah harian umat muslim yang dapat berjalan pada platform android khususnya versi 4.2 (jelly bean). “ Aplikasi Ensiklopedia Ilmu Fiqih Safinah an-Najah bersumber dari buku Panduan Fiqih Imam Syafi’i Ringkasan Kitab Fathul Qarib Al-Mujib, buku Ensiklopedia Fiqih Praktis pustaka Imam Syafi’i dan buku Menapak Hidup baru oleh KH. M. Yusuf Chudlori serta beberapa referensi lain yang dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. 



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :