Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Ika Lestari Ciptakan Aplikasi Sistem Informasi Akademik SMKN Ngasem Bojonegoro


Selasa, 24 Maret 2015 - 08:57:19 WIB

Diposting oleh : Eddy Wahyudi
Kategori: Hasil Karya - Dibaca: 66 kali


Ika lestari mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) Untag Surabaya akhirnya berhasil meraih gelar Sarjana Komputer (S.Kom) dengan tugas akhir “ Sistem Informasi Akademik SMKN Ngasem Bojonegoro Berbasis Php dan Mysql ”. Ika, menerima piagam wisuda Sarjana S-1 bersama wisudawan lainnya dari Rektor Untag Surabaya di Lapangan Parkir Timur, Sabtu (14/3/2015).

Dalam bidang pendidikan peranan sistem informasi sangat diperlukan, salah satunya adalah Sistem Informasi Akademik. Sistem Informasi Akademik adalah sistem yang mengelola semua aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan akademis, seperti proses pembelajaran, tugas, ujian, pengelolaan nilai, data siswa, guru, alumni, kelulusan, dan masih banyak lagi.

Ika Lestari yang juga merupakan staff programmer di Badan Sistem Informasi (BSI) itu memilih SMKN Ngasem Bojonegoro sebagai objek penelitiannya karena dia masih menemukan bahwa di SMKN tersebut dalam proses kegiatannya masih dilakukan secara manual, sehingga aktivitas kurang efektif dan efesien.

“ Di SMKN Ngasem, dalam proses kegiatannya semua masih dilakukan secara manual. Mulai dari siswa memperoleh informasi akademik sekolahnya, proses perekapan nilai siswa, sampai orang tua siswa mendapatkan informasi tentang kondisi anaknya pun masih manual. Hal ini menyebabkan segala aktivitas operasional sekolah menjadi lama dan kurang efektif, serta pelayanan kepada masyarakat juga kurang efisien. Maka dari itu, saya tertarik membuat aplikasi sistem informasi akademik di SMKN Ngasem Bojonegoro berbasis PHP dan Mysql,” kata Ika Lestari.

Mantan ketua Keputrian, Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) itu berharap aplikasi sistem informasi akademik yang dia buat bisa bermanfaat bagi SMKN Ngasem dan sekolah-sekolah yang lainnya. “ Semoga aplikasi ini dapat diterapkan pada sekolah lain, tidak hanya di SMKN Ngasem Bojoneogoro,”

Lanjut, ika, “ Aplikasi ini dapat mempermudah pihak sekolah dalam menjalankan operasional sekolahnya, data yang dimiliki oleh sekolah dapat diolah dengan cepat, tepat, efektif, dan efisien. Selain itu, mampu menghasilkan informasi tentang agenda dan lowongan pekerjaan dengan cepat dan efisien kepada siswa maupun alumni, dapat memudahkan orang tua/ wali siswa dalam memantau perkembangan dan kegiatan anaknya selama di sekolah, dan orangtua dapat sewaktu-waktu memantau nilai anaknya tanpa harus selalu datang ke sekolah,”

                        

Harapan Ika Lestari untuk penelitian selanjutnya adalah agar aplikasi sistem informasi akademik sekolah dapat dikembangkan dengan batasan masalah yang lebih luas dan dilakukan perbaikan terhadap kekurangan yang ditemui dalam penggunaannya.

 



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :