Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

Indra Anudra Ciptakan Alat Rancang Bangun KWHmeter Digital Pascabayar Berbasis Bikrokontroller


Jumat, 13 Maret 2015 - 09:31:02 WIB

Diposting oleh : Eddy Wahyudi
Kategori: Hasil Karya - Dibaca: 293 kali


Indra Anudra Mengakhiri Kuliah Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTAG Surabaya dengan berhasil menyelasikan tugas akhir dengan membuat alat  Rancang bangun KWHmeter digital pascabayar berbasis mikrokontroller untuk memonitoring biaya pemakaian daya listrik rumah tangga ” , dengan tujuan memudahkan konsumen dalam pembacaan biaya pemakain listrik dalam satuan rupiah dan mengerti cara program untuk output ke LCD sebagai sarana monitoring. (12/03/2015)

Indra sedikit menjelakan mengapa mengambil judul tersebut “ Pada jaman modern seperti saat ini kehidupan manusia tidak bisa lepas dari energy listrik. Di Indonesia yang berwenang untuk menyediakan energy listrik adalah perusahaan listrik Negara (PLN). Untuk mengetahui besaran energy listrik yang digunakan dibutuhkan sebuah alat yang disebut KWH meter. Pada umumnya KWH meter yang digunakan oleh PLN adalah KWH meter analog dan digital. Tampilan nilai dari KWH-meter konvensional yang masih berupa analog akan menyulitkan seseorang dalam pembacaan, dengan perkembangan sistem mikrokontroler yang semakin maju, maka memudahkan untuk melakukan pembacaan terhadap KWH meter secara otomatis tanpa perangkat computer ” .

Lanjutnya, “ dari hasil pengujian alat tersebut  saya  menyimpulkan bahwa kWh-meter konvensional dapat diubah menjadi kWh-meter digital dengan menambahkan beberapa unit sistem yaitu berupa mikrokontroler ATmega8535 sebagai pusat kendali sistem, bahasa Bascorm (basic computer) untuk membuat program pada mikrokontroler ATmega8535, sensor optocoupler untuk mendeteksi putaran piringan kWh-meter, keypad 4x4 untuk proses pemilihan daya yang akan dipakai pada beban dan inputan TDL dan biaya beban, LCD M1632 sebagai tampilan nilai (data) digital dan dari hasil pengujian terlihat bahwa sistem dapat berjalan dengan baik dan cukup stabil, untuk penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan membandingkan hasil perancangan alat pada penelitian ini dengan rekening pembayaran listrik pada PLN ” . 

“ Saran untuk peneliti berikutnya yang berminat meneliti “ rancang bangun KWHmeter digital pascabayar berbasis mikrokontroller untuk memonitoring biaya pemakaian daya listrik rumah tangga ” tambahkan back up untuk berjaga – jaga ketika lampu mati karena alat yang saya teliti belum optimal, jika sewaktu – waktu lampu mati maka alat ini akan ikut mati ” , tutup indra.



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :