Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Dading Java Lamintang Menciptakan Aplikasi Pembelajaran PAUD untuk merangsang kecerdasan anak menjadikan lebih kreatif


Jumat, 30 Januari 2015 - 10:47:32 WIB

Diposting oleh : Eddy Wahyudi
Kategori: Hasil Karya - Dibaca: 197 kali


Dading Java Lamintang Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UNTAG Surabaya membuat Aplikasi Pembelajaran PAUD (pendidikan anak usia dini) Semester 2 Berbasis Flash untuk meningkatkan daya tarik anak sehingga lebih betah dalam belajar, membiasakana anak mengunakan teknologi sejak dini dan mempermudah guru atau pengajar serta orang tua menyampaikan materi terhadap anak.

Pada saat ini Teknologi Informatika berperanan penting dalam dunia pendidikan karena dapat mewujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, kemampuan Teknologi Informasi dalam menyampaikan pesan pendidikan dinilai sangat besar.

Pendidikan anak pada usia dini sangat penting dilakukan karena berpengaruh terhadap kecerdasan anak dimasa depan dan pada masa itu dapat dikatakan adalah masa keemasan. Pendidikan anak pada usia dini tidak hanya dapat dilakukan disekolah maupun instansi penddikan tetapi juga dapat dilakukan di rumah, dengan menggunakan media pembelajaran. Saat ini telah banyak media pembelajaran yang digunakan untuk pendidikan anak pada usia dini, salah satu yang paling sering digunakan untuk menunjang pendidikan anak pada usia dini adalah aplikasi pembelajaran berbasis multimedia. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan animasi, misalnya suara nyayian burung, animasi bergerak, dan game. Aplikasi pembelajaran tersebut dapat menstimulasi kecerdasan anak, perkembangan kognitif dan motorik, pada anak.

Mengingat kondisi itu maka Dading java Lamintang membuat aplikasi pembelajaran PAUD dimana apliksi tersebut dapat merangsang kecerdasan anak dan menjadikan anak lebih kreatif.

Adapun rancangan pada aplikasi ini terdiri dari 6 tema, 14 sub tema, dan 111 materi. Setiap materi memiliki panduan dan contoh untuk penjelan isi materi. Panduan berupa tulisan untuk memandu orang tua atau pendidik, dan terdapat indicator didalam panduannya. Sedangkan contoh berupa gambar, yaitu:  gambar bergerak atau video. Pada apliksi ini dilengkapi juga suara yang dapat menarik perhatian anak usia dini.

Dading Java Lamintang menyimpulkan bahwa aplikasi pembejaran PAUD semester 2 ini bermanfaat untuk anak-anak. Selain sebagai media pembelajaran, cerita ini secara tidak langsung juga sebagai media hiburan bagi anak. yang kedua penggunan apliksi ini harus dengan dampingan guru atau orang tua, agar anak dapat lebih memahami isi aplikasi ini. (latifah)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :