Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Prasetya Catur Nugraha Ciptakan Perangkat Lunak Pembelajaran Shalat Untuk Membantu Umat Islam Memperbaiki Tata Cara Shalat


Senin, 05 Januari 2015 - 09:17:06 WIB

Diposting oleh : Eddy Wahyudi
Kategori: Hasil Karya - Dibaca: 211 kali


Prasetya Catur Nugraha mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UNTAG Surabaya membuat perangkat lunak pembelajaran shalat dengan tujuan agar setiap umat islam memahami makna dari shalat dan mengerti tata cara melakukan ibadah shalat dengan baik dan benar serta mau belajar untuk memperbaiki cara shalat, sehingga dengan melakukan shalat secara benar bisa menambah kualitas keimanan dalam kehidupan sehari-hari.

Dunia teknologi imformatika kini sudah berkembang dengan begitu pesat, sehingga dengan kemajuan teknologi imformatika salah satunya banyak masyarakat ingin memanfaatkan teknologi tersebut untuk dijadikan sebagai media pembelajaran . Aplikasi Media pembelajaran yang berbasis teknologi  informatika memberikan kemudahan-kemudahan user dalam belajar dan mempunyai manfaat belajar secara cepat

Aplikasi pembelajaran shalat yang diciptakan oleh Prasetya Catur Nugraha tersebut mempunyai tujuan membantu umat Islam untuk belajar shalat sesuai dengan tuntunan shalat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, dikarenakan masih banyaknya  masyarakat yang masih belum paham mengenai tata cara shalat yang benar. Padahal shalat merupakan salah satu pilar agama yang menduduki peringkat kedua setelah syahadat. Masih banyak masyarakat yang melakukan shalat dengan asal-asalan, dengan terburu-buru sehingga tidak melihat apakah gerakan itu benar atau tidak.

Mengingat kondisi itu maka Prasetya tertarik membuat perangkat lunak bimbingan shalat, dimana perangkat lunak tersebut mengemas sebuah tata cara ibadah shalat dengan penyajian yang sederhana, mudah dan praktis. Disamping itu, perangkat lunak tersebut juga menyajikan beberapa pengetahuan tentang sifat shalat nabi dan pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai shalat. 

Adapun rancang bangun pertama perangkat lunak ini adalah program yang digunakan sebagai sarana pembelajaran tentang shala ; Kedua ancang bangun perangkat lunak ini lebih ditekankan pada tiap gerakan shalat ; Ketiga, rancang bangun perangkat lunak yang diterapkan di bidang pendidikan dapat memberikan alternatif proses belajar mengajar pada sistem pengajar tradisional yang ada ; Keempat rancang bangun perangkat lunak yang diterapkan pada system ini akan dapat langsung dipraktekan oleh orang dewasa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pertimbangan, mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

Rekomendasi menjalankan aplikasi : pertama, karena tujuan utamanya untuk mengetahui tiap gerakan shalat yang sesuai dengan contoh Rasulullah saw maka diharapkan untuk lebih bisa memahami tiap-tiap gerakan yang nantinya akan disajikan kemudian dihayati dan bisa dipraktekkan ketika melaksanakan shalat. Kedua, animasi yang dibuat lebih baik dibuat per layer atau per scene agar lebih mudah merevisinya. Ketiga, gambar-gambar yang digunakan lebih baik digambar per bagian anggota tubuh agar lebih mudah membuat animasinya. Untuk menggambar bisa menggunakan coreldraw, freehand atau bisa langsung melalui flash. Keempat, Karena animasi ini membutuhkan memori besar maka harus mengoptimasi dengan cara hindari menganimasikan gambar bitmap, gunakan gambar bitmap hanya sebagai latar belakang, untuk suara gunakan format MP3 sebagai format terkecil, dan gunakan pencil tool  untuk membuat garis.



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :