Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Hasil Kajian Rancang Bangun Kendali Lampu Panggung Melalui Media Jala-Jala Listrik Berbasis Mikrokontroler (Windy Danarko)


Jumat, 12 Desember 2014 - 09:51:08 WIB

Diposting oleh : Eddy Wahyudi
Kategori: Hasil Karya - Dibaca: 188 kali


Teknologi “ Rancangan Bangun Kendali Lampu Panggung Melalui Media Jala-Jala Listrik Berbasis Mikrokontroler ”, hasil kajian Windy Danarko, lulusan tahun 2014 mahasiswa Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UNTAG Surabaya berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat. Latar belakan kajian  adalah ingin membuktikan apakah dengan menggunakan Power Line Carier (PLC) dapat mengendalikan nyala-mati lampu panggung.

Alternatif saluran transmisi informasi sangat penting dikembangkan seiring berkembangnya kebutuhan akan informasi. Khusus dalam bidang telekomunikasi, banyak media penghantar yang digunakan untuk mentransfer data, salah satunya PLC. Sistem komunikasi PLC merupakan suatu peralatan komunikasi dengan cara memanfaatkan saluran tenaga listrik sebagai media transfer data. Teknologi tersebut memungkinkan dapat mengontrol suatu alat dimana media transfer datanya menjadi satu kesatuan dengan tegangan supply alat tersebut. Hal ini memungkinkan sekali pemakaian teknologi PLC dapat pergunakan sebagai media transfer data pada kendali, dimana pada kajian ini dipergunakan sebagai kendali lampu panggung

Dari latar belakang tersebut, Windy Danarko yang saat ini menjadi asisten Laboratorium Teknik Elektro, tertarik melakukan kajian terkait dengan “Rancangan Bangun Kendali Lampu Panggung Melalui Media Jala-Jala Listrik Berbasis Mikrokontroler” yang sekaligus mengantarkannya mendapatkan gelar sarjana.

Berdasarkan dari hasil pengujiannya, maka dapat disimpulkan dalam perencanaan pembuatan lampu panggung, satu baris LED yang disusun secara pararel dapat dinyalakan dengan tegangan 4.95 volt dari keluaran port A pada mikrokontroler ATMega16. Suplai tegangan +5VDC diperoleh dari modul interface power line carier sehingga tidak perlu menggunakan power supply tambahan. Dari pengujian yang dilakukan dapat dibuktikan bahwa dapat dilakukan pengontrolan maupun pengiriman data melalui jala-jala 220VAC.

 

 

“Saya berharap hasil kajian saya ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa lebih dikembangkan lagi kedepannya,” Kata Windy Danarko saat di temui di Laboratorium (11/12/2014).



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :