Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

UKM Binaan FISIP UNTAG Surabaya Upaya Meningkatkan Taraf hidup Masyarakat Menjadi lebih baik


Senin, 01 Desember 2014 - 09:42:47 WIB

Diposting oleh : Eddy Wahyudi
Kategori: Hasil Karya - Dibaca: 202 kali


Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya membina Usaha Kecil Menengah (UKM) sejak 2003 yang tersebar di beberapa kota di Jawa Timur. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat agar menjadi lebih baik dan salah satu

UKM binaan FISIP ada sejak 2003 yang tersebar di beberapa tempat di Jawa Timur, diantaranya, UKM Ledre di Bojonegoro, UKM Krupuk Kasava di Mojokerto dan Kediri, UKM blimbing wuluh dan Rosela di Lumajang, dan UKM Batik di Dukuh Kupang.

Kegiatan FISIP tersebut bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pendidikan Tinggi Indonesia (DIKTI),dan Teknologi Tepat Guna (TTG).

Dra. Sri Andayani, MM ketua Tim Pembina UKM dari FISIP mengatakan adapun manfaat kegiatan tersebut bagi UKM adalah UKM bisa meningkatkan usahanya karena dibantu dari segi teknologi, cara pengemasan, pemasaran dan semua kebutuhan UKM akan disupply. Sedangkan manfaat bagi FISIP dan juga universitas adalah sebagai proses pembelajaran dan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana memulai usaha.

“Berwirausaha itu tidak harus punya modal banyak dan sebagai salah satu bentuk tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Peneltitian, dan Pengabdian. Kita sudah dipercaya oleh LIPI, DIKTI, dan TTG untuk membina UKM-UKM, bahkan tahun 2015 nanti binaan UKM kita akan bertambah jika pengajuan proposal kita disetujui,” tambahnya.

Cara yang dilakukan FISIP guna mempromosikan hasil prosuksi UKM binaannya yaitu antara lain dikutkan pameran, cara pengemasan yang unik, harga yang relative terjangkau dengan kualitas baik dan bekerjasama dengan koperasi-koperasi.

Diharapkan UKM-UKM binaan FISIP tersebut mampu meningkatkan ekonomi para pelakunya dan masyarakat, mengurangi angka pengangguran, mendongkrak ekonomi Jawa Timur, dan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya FISIP untuk menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.



Terkait


    0 Komentar :


    Isi Komentar :