English  Indonesian

Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

RATAKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, MAHASISWA KKN ADAKAN PELATIHAN KERAJINAN ROTAN


Jumat, 06 Juli 2018 - 08:23:05 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 94 kali


Mahasiswa Kelompok KKN Reguler Periode 2017/2018 di Desa Turirejo, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik mengadakan Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan dari Bahan Rotan, Sabtu (02/06). Bertempat disalah satu halaman rumah warga yang memiliki usaha Kerajinan Rotan, pelatihan tersebut diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan warga dan anggota karang taruna Desa Tirirejo.

 Endah Putri Utari, ketua Divisi Kewirausahaan kelompok KKN Desa Turirejo menjelaskan bahwa latar belakang adanya kegiatan Pelatihan tersebut dikarenakan salah satu potensi yang dimiliki oleh Desa Turirejo adalah rotan. Namun, sayangnya, tidak semua masyarakat mampu menghasilkan produk berupa kerajinan rotan sehingga bernilai ekonomi. Beberapa diantaranya juga hanya mampu menghasilkan kerajinan rotan sesuai permintaan pabrik. “Dengan pemasaran yang bagus dan benar, kerajinan rotan seperti ini sebenarnya bisa dikembangkan dengan baik,” tuturnya.

Mendatangkan salah satu warga Desa Turirejo yang memiliki usaha dibidang Kerajinan Rotan, para peserta mendapatkan materi, wawasan dan motivasi untuk berwirausaha. Sementara itu, selain mendapatkan pelatihan, peserta juga melakukan praktek pembuatan kerajinan rotan. “Respon masyarakat alhamdulillah tertarik,” terang Endah. “Namun karena keterbatasan waktu, kemarin kami hanya membuat kerajinan rotan berupa piring dan kotak pensil,” tambahnya.

Selanjutnya, produk kerajinan rotan yang dihasilkan nantinya bisa dipasarkan melalui blog yang dibuat oleh Divisi Pendidikan dan Kesehatan (Pendkes) Kelompok KKN Desa Turirejo. “Jadi, harapannya dari dua proker ini bisa digabungkan. Produk rotan dari desa bisa dipasarkan lewat blogger yang dikelola anggota Kartar,” ujarnya. Melalui pelatihan ini, Endah berharap makin banyak wirausaha yang muncul di Desa Turirejo dalam bidang kerajinan rotan. “Semoga bisa membantu pemuda disana bahwa rotan merupakan salah satu peluang untuk menjadikreatif dalam bekerja. Kita juga bisa menciptakan karya kerajinan tangan kita sendiri dan bisa dijual,” tutupnya. (ua) 



Terkait


1 Komentar :


  • Program kerja seperti ini yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. Terima kasih mahasiswa untag yang turut berpartisipasi dalam mengedukasi masyarakat gresik. Salam

Isi Komentar :