English  Indonesian

Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

KKN DESA LAMPAH UBAH JAGUNG MENJADI SUSU NABATI


Senin, 02 Juli 2018 - 17:28:57 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 81 kali


Desa Lampah, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik yang dikenal sebagai penghasil tanaman pangan yaitu jagung. Hal ini dimanfaatkan oleh Divisi Kewirausahaan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler Desa Lampah dengan mengadakan pelatihan yang bertema Membuat Susu dari Jagung di Balai Desa Lampah dan diikuti oleh Anggota PKK dan Anggota Karang Taruna Desa Lampah pada Sabtu, (2/6).

Khoirul selaku Ketua Kelompok KKN Non Reguler Desa Lampah menjelaskan bahwa produk susu jagung tersebut kaya akan manfaat; di antaranya untuk mencegah penyakit kanker, melancarkan ASI, mencegah bayi lahir cacat, membantu merawat kulit, dan membantu menyembuhkan penyakit anemia. “Kami melihat banyaknya hasil panen jagung yang tidak dimanfaatkan oleh warga. Karenanya kami ubah menjadi susu nabati yang bisa dikonsumsi oleh semua usia mulai dari bayi hingga lansia,” tutur Khoirul. Susu nabati ini merupakan olahan jus jagung yang direbus bersama gula dan kayu manis, yang juga disajikakn dengan varian rasa.

Para peserta dan warga sekitar antusias untuk mengikuti pelatihan ini dan memberikan respon positif. Selain itu Pemerintah Desa Lampah juga mendukung pelatihan ini karena memberi wawasan serta arahan inovasi dalam berwirausaha, karena selama ini hasil panen di Desa Lampah hanya dijual mentah tanpa diolah menjadi yang bernilai jual. (Um)

 



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :