English  Indonesian

Welcome to University Of 17 Agustus 1945 Surabaya

Mobile Version

Bahas SDGs, Yuniska Meisara ikuti Asia Pcific Future Leaders Conference


Senin, 08 Januari 2018 - 15:34:35 WIB

Diposting oleh : Admin
Kategori: Untagtual - Dibaca: 312 kali


Saat ini banyak diperbincangkan tentang tujuan pembangunan berkelanjutan atau yang disebut Suistainable Development Goals (SDGs). SDGs adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia pembangunaan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi. Diterbitkan pada 21 oktober 2015 sebagai ambisi pembangunan bersama hingga tahun 2030.

Pembahasan SDGs banyak menarik perhatian masyarakat di Indonesia, ada yang hanya sekedar mengikuti isu adapula yang ikut andil dalam menjalankan SDGs dengan tujuan kepentingan bersama. Salah satu generasi muda yang ikut berperan dalam isu-isu global-SDGs yaitu Mahasiswa, seperti yang dilakukan oleh Yuniska Meisara, salah satu mahasiswa Arsitektur Untag Surabaya yang tertarik dalam menjalankan tujuan pembangunan berkelanjutan yang sering diperbincangkan di pemerintahan.

Dalam upaya untuk menyampaikan aspirasinya, Meisara mengikuti acara Asia pacific Future Leader Conference 2017 yang diselenggarakan di Malaysia pada 6-10 Desember 2017 lalu. Rangkaian acara meliputi Workshop, Seminar,  Culture Exhcange, Gala Dinner,  Penobatan the best delagate,  dan Project Kelompok.  Dalam kegiatan project kelompok, para peserta melakukan simulasi untuk menerapkan poin SDGs pada komponen kota kecil yang diberikan panitia. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang poin apa yang dominan atau diterapkan pada kota yang dikelola oleh masing-masing kelompok.

Melalui kegiatan tersebut, Meisara banyak menambah wawasan dan jaringan serta membawa nama Untag Surabaya di skala Internasional. Hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri olehnya. Ia berharap agar Mahasiswa Untag Surabaya lebih semangat lagi untuk belajar bukam hanya bidang akademik melainkan juga kegiatan non-akademik misalnya dengan bergabung dalam organisasi-organisasi di internal maupun eksternal kampus, misal BEM maupun Himpunan dan lainnya.  Karena sebuah relasi merupakan hal yang harus dicari selama di bangku perkuliahan.

Mahasiswa berprestasi adalah "Sebuah pencapaian atas usaha, kinerja yang menghasilkan benefit untuk kita. Teruslah bermimpi, jangan takut bermimpi tinggi, karena tidak ada yang tidak mungkin selama kita berusaha dan realistis untuk didapatkan. Keep Fighting be the best" Ujar Meisara diakhir wawancara. (Fia)



Terkait


0 Komentar :


Isi Komentar :